-->

Cara Mengatasi Suara Kemprotak Pada Driver Amplifier

Di sela sela kesibukan saya sebagai tukang kuli, saya sempatkan untuk menulis sebuah tutorial untuk Cara Mengatasi Suara Kemprotak/Kemprosak Pada Driver Amplifier , tutorial yang akan saya bagikan berdasarkan pengetahuan & pengalaman saya selama bermain auodio elektronik,  dengan harapan tutorial ini bisa membantu sobat untuk mengatasi sebuah kerusakan pada driver amplifier 

Bagi anda yang suka merakit atau penghobi audio amplifier class AB dengan skema input stage menggunakan 2 transistor kecil pasti nya pernah mengalami kasus kerusakan dengan ciri ciri seperti berikut:

1. Awal power On suara musik tetap keluar tapi di sertai suara kemprosak/kemprotak ngga jelas.

2. Setelah suara kemprotak bunyi skitar 2-3 menit' per lahan2 suara kemprotak tersebut hilang dan normal  seperti tidak ada kerusakan. akan tetapi se iring berjalanya waktu jika smakin lama terus di biarkan atau di paksa di setel terus, suara kemprotak tersebut smakin susah atau lama hilang nya jika di nyalakan.

Saya sebagai penghobi audio elektronik pun pasti nya sering mengalami hal tersebut, Dan pertama kali nya saya mengalami hal tersebut saya merasa bingung, awal nya saya menduga yang rusak pada bagian potensio volume pada tone kontrol atau pada elko pada bagian suply tone yang sudah kering, tapi setelah coba saya copot kabel out tone kontrol pada input driver ternyata suara kemprotak tersebut masih sama terdengar jelas, akhirnya jelas lah sudah kalo yang rusak ada pada bagian driver amplifier nya.

Jika sobat mengalami hal tersebut, sobat tidak usah bingung ataupun pusing menge cek smua komponen  karena pada kasus yang sering saya alami' semua komponen saya cek 1/1 pake Avometer terutana transistor ternyata semuanya dalam kondisi aktif/hidup, hal seperti ini lah yang bisa membuat pusing seorang tukang service, Untuk mengatasi kebingungan tersebut biasanya di lakukanlah penggantian komponen bertahap, mulai dari transistor final, transistor driver, transistor vas ataupun transistor input nya, Dengan penggantian transistor seperti itu nanti nya problem suara kemprotak bisa hilang, tapi cara tersebut tidak praktis dan membutuhkan banyak transistor untuk proses penggantianya.

Untuk itu pada post kali ini akan saya kasih tau langsung bagian komponen mana yang  menjadi sumber kerusakan nya supaya sobat tidak repot repot melakukan penggantian semua komponen terutama transistor nya. 

Suara kemprotak tersebut sebetul nya bersumber dari Transistor kecil pada input (diverensial) nya yang rusak, yang membuat kita pusing' kerusakan tersebut sering tidak terdeteksi pada pengukuran pake AvoMeter, di ukur terbaca normal tapi di pasang fungsi nya sudah cacat, istilah nya transistor tersebut sudah bocor.

transistor kecil pada driver amplifier rata rata terdapat 2-3 biji, untuk driver sejenis OCL 150w terdapat 3 transistor kecil' yaitu 2 transistor untuk input stage nya & Transistor kecil yang 1 nya sebagai suply emitor ke 2 Transistor input stage, 

sedangkan driver yang hanya terdapat 2 biji transistor kecil pada  input nya' biasanya suply emitor TR input nya menggunakan resistor dan zener 12-24v sebagai suply emitor transistor input nya seperti pada skema driver Safari atau Namec.

Untuk mengetahui 1 transistor  yang menjadi sumber masalah suara kemprotak, sobat harus memahami dulu gambar skema driver OCL 150w yang saya pakai sebagai contoh

cara mengatasi suara kemprotak pada amplifier

Dari ke 3 transistor kecil tersebut ada 1 yang yang bertanda merah,  1 transistor ini basis nya menjadi input inverting yang terhubung ke jalur speaker melalui resistor feedback 33k-47k(gain), transistor kecil ini sering mengalami rusak karena kaki Colector nya nyambung langsung ke VCC (-), jadi mudah rusak jika di suply dengan tegangan tinggi yang melebihi batas kmampuan Transistor tersebut, 1 transistor kecil tersebut lah yang sering kali menjadi penyebab suara kemprotak pada driver amplifier.

maka jika sobat mengalami permasalahan power ampli yang timbul suara kemprotak/kemprosak sa'at di ON kan, silahkan sobat ganti transistor kecil yang jalur skema nya sudah saya gambarkan pada gambar di atas. 

Apabila sobat sudah mengganti Transistor tersebut belum juga hilang suara kemprotak nya, sobat bisa coba mengganti lagi 2 transistor kecil yang lain nya , akan tetapi saya rasa ke 2  transistor tersebut jarang mengalami kerusakan, karena alur skema suply nya sudah di hambat dengan resistor.

Cara Mengatasi Suara Kemprotak/Kemprosak Pada Driver Amplifier berlaku untuk smua driver class AB yang menggunakan transistor sebagai input stage nya, skema input stage pada driver class AB yang menggunakan 2 transistor hampir semua nya sama, jadi sobat tinggal cari 1 transistor kecil yang basis nya terhubung ke speaker melalui Resistor feedback dengan nilai 33k-47k. 

Demikian tutorial cara mengatasi driver amplifier yang timbul suara kemprotak/kemprosak, mudah mudahan bermanfa'at bagi sobat semua nya.


2 Responses to "Cara Mengatasi Suara Kemprotak Pada Driver Amplifier"

  1. Kalau cara mengatasi perut kemrotak akibat minum kopi gimana master,

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel