-->

Cara Mengubah Karakter Gain Bostrap Dengan Memahami Fungsi Komponen nya


skema gain bostrap

Pada post sebelum nya tentang GAIN BOSTRAP (mengubah Karakter Driver Flat Menjadi Low Sub) telah kita bahas contoh cara pemasanganya, banyak yang merespon positif hasil nya sukses menggelegar ' tapi ada juga yang berpendapat hasil nya jadi over sub & ada juga yang berkomentar jadi timbul hum atau nggereng, permasalahan tersebut bisa timbul dari cara penerapan si perakit nya, jika cara penerapanya sudah benar bisa di pastikan hasil nya juga akan bagus.

Perlu sobat ketahui bahwa modif gain bostrap hasil nya akan meningkatkan gain &  menguatkan frequensy Low Sub nya, jadi input sinyal menjadi lebih peka & pasti nya sinyal liar (hum/nggereng) akan mudah masuk, solusi pada kasus ini adalah penempatan posisi driver haruslah di perhatikan, sebisa mungkin posisi input nya jauh dari trafo, selain tataletak penempatan driver' pemasangan grounding beserta pengkabelan nya juga harus benar2 di perhatikan, jika tataletak & pengkabelen grounding sudah tepat' efek hum/nggereng pada Modif Gain Bostrap pasti hilang.

Bagi sobat yang berkomentar hasil suara setelah modif gain bostrap menjadi over, bisa saya simpulkan kalo yang berkomentar belum paham fungsi fungsi tiap komponen yang terdapat pada skema gain bostrap nya, nilai komponen yang tercantum bisa di rubah nilai Resistor & nilai Capasitor nya menyesuaikan driver yang mau di modif, contoh nilai komponen yang saya cantumkan hanya untuk penerapan pada driver yang ber gain & ber frequensy Low Sub nya masih rendah , jadi  jika apabila di terapkan pada driver yang tergolong kuat akan terjadi over Low Sub nya, untuk mengatasi Over tersebut sangat lah mudah cara mengatasi nya, karena smua komponen pada skema gain bostrap mempunyai fungsi masing masing, bisa di naikan atau di turunkan tingkat ke peka'an gain nya , bahkan bisa di ubah ubah karakter nya dengan cara mengganti ,menaikan atau menurunkan nilai komponen pada skema nya.

Untuk itu pada kesempatan kali ini akan coba saya bahas Cara Mengubah Karakter Gain Bostrap dengan cara memahami fungsi fungsi pada setiap komponen yang tercantum pada skema, karena dengan memahami fungsi komponen' nanti nya sobat akan bisa merubah sendiri nilai komponen nya untuk mendapatkan karakter gain bostrap sesuai yang di inginankan.

Berikut ini fungsi fungsi komponen pada gain bostrap :

1. Resistor 33k & Milar 33n



Resistor 33k adalah resistor Feedback pada driver, terdapat pada jalur speaker ke basis inverting transistor kecil, resistor ini tiap driver beda beda nilainya, ada yang 22k, 27k ,33k, 39k sampe 56k, jadi nilai resistor ini menyesuaikan driver yg di modif, misal R feedback driver pake 47k ya di isi dengan nilai 47k pada gain bostrap nya, kebanyakan orang menyebut resistor tersebut dengan nama resistor GAIN pada driver yang belum di modif , smakin tinggi nilai nya hasil suara smakin lantang (nge MID) tapi kasar, smakin rendah nilai nya suara semakin  halus (MID berkurang).

R 33k pada skema bostrap ini akan berubah fungsi menjadi Feedback Semu setelah di seri dengan milar 33n, hasil feedback jadi tidak flat mulai beralih ke LowSub, jika R33k & milar 33n ini di turunkan kisaran 22k & 22n , karakter suara akan beralih ke LOW njedug (mid high berkurang) , apabila nilai milar di naikan akan beralih lbih cenderung ke arah flat, akan tetapi tidaklah se flat resonasi standar.

2. Resistor 220 ohm



2 resistor 220 yg mnuju elko pada skema gain bostrap ini berfungsi sebagai gain resonasi, jika nilai nya di turunkan skitar 100ohm maka penguatan efek fungsi elko akan lebih meningkat, jadi apabila sobat mengalami over SUB, cukup menaikan nilai 2 Resistor ini antara 330ohm sampai 1k masalah over akan teratasi.

3. Elko 220uf & 100uf



Ke dua elko ini berfungsi untuk mengubah frequensy atau karakter Low Sub nya,  smakin besar Farad nya smakin NGE SUB hasil nya, jika di turunkan nilai nya kisaran 47uf- 22uf maka Sub nya smakin berkurang akan dominan ke LOW,  turun lagi dari 22uf - 1uf akan dominan menjadi MIDEL & jika turun lagi ke yang lebih rendah seperti pake milar 100N, maka suaranya cenderung ke MID HIGH

4. Resistor 10k



Resistor 10k ini yang berperan sebagai Feedback utama setelah terhubung ke basis melalui R220 bagian atas, sekaligus berfungsi untuk membatasi atau mengatur lefel fungsi Resistor 33k yang di seri milar 33N, tanpa Resistor 10k ini skema Gain Bostrap tidak bisa berfungsi, jika di copot suara akan menjadi cacat.

Skema Gain Bostrap sebetul nya bisa di minimalist dengan cara membuang 1 Resistor 220 & 1 elko 100uf barisan bawah , karena fungsi dari ke 2 komponen tersebut cuma sbagai paralel R 220 & C 220uf baris atas, jika ke dua resistor 220 ohm & ke dua elko nya  di kasih nilai yang sama, misal nya ke dua nilai Resistor nya sama sama pake 220 ohm & nilai elko nya sama sama pake 220uf, maka jika Gain Bostrap nya di minimalist hasil nya akan sama saja dengan di isi 1 Resistor 100ohm & 1 elko 470uf seperti gambar di bawah ini :


Skema gain bostrap memakai dobel R 220 ohm & dobel elko 220uf  tidak hanya untuk memparalel hasil resonasi, tentu saja ada manfa'at yang lainya , dengan adanya dobel R & dobel C tersebut' kita bisa menyeting karakter mana yg lebih dominan, sbagai contoh jika kita inginkan Gain bostrap yang dominan ke karakter Mid High nya lbh kuat dari Low Sub nya, maka sobat bisa menaikan 1 Resistor 220 yg masuk ke elko 220uf mnjadi 1k supaya nada Sub menurun, & mengganti elko 100uf bawah dengan milar 100n supaya mid high nya yg dominan seperti pada contoh gambar di bawah ini :



Demikianlah sedikit pengertian fungsi tiap tiap komponen pada skema Gain Bostrap, mudah mudahan bisa membantu sobat yang pengin merubah atau mengotak atik hasil akhir modif Gain Bostrap nya, panduan tersebut merupakan sebatas dari pemahaman saya selama praktek, pemahaman fungsi & penyebutan nya bisa saja berbeda dengan pendapat orang lain.

Kesimpulanya adalah jika kepengin hasil karakter modif Gain Bostrap nya sesuai dengan yang sobat inginkan, maka tinggal sobat otak atik smua nilai komponen yang  ada pada skema, karena smua komponen punya peranan masing masing untuk mengubah hasil suara yang di hasilkan.

22 Responses to "Cara Mengubah Karakter Gain Bostrap Dengan Memahami Fungsi Komponen nya"

  1. Thanks bro gx sengaja nemu artikel ini, Midel ane jdi normal lgi, gegara kapasitor SMD yg gx ada kode nilainya copot atu 🙏

    ReplyDelete
  2. Mas ikhin
    jika R 33K diganti 22K dan C 33n diganti 22n, apakah R10K nilainya tetap atau harus ikut turun? Begitu juga R220?

    ReplyDelete
  3. Saya sudah mencoba skema di atas dan saya memakai yg minimalis, saya hanya mengubah karakter, dan karakter itu saya sangat puas, cuman yang jadi kendala adalah ada timbul sedikit nois dan hummm, skema 47k ke 22nf ke basis
    47k ke 10uf, basis ke elco 1,2k, itu saya sesuai aslinya dan cuma menambah 22nf dan 47k, hasilnya sudah mantap, sayangnya bunyi nois dan humm sulit di hilangkan, mohon berikan solusi master
    Dan itu r jika di gonta ganti itu berpengaruh pada bias atau tidak, trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan jika r 1,2k saya turunin menjadi 500ohm maka nois dan humm semakin tinggi

      Delete
    2. R yg ke elco jangan pake 47k, pake 10-15k saja, kalo ktinggian ada efek gerak splr jadi liar

      Delete
    3. saya pkek tutorial di atas ada nois nya apa kebesaren r gain nya

      Delete
  4. Baru coba di driver namec pertama elco resonan pakai 100uf masih low mid tanpa acc.. ketika di boostrap efeknya luar biasa . Dari kejauhan suara mirip mirip grand 450 ngesub dan tambah bertenaga

    ReplyDelete
  5. Terimakasih mastersangat membantu dan hasilnya sangat memuaskan, tapi saya coba di driver yang lainya ada bunyi dengung yang keras, misal R10k di turuni gimana master mohon pencerahanya. Terimakasih

    ReplyDelete
  6. mau coba dulu

    ReplyDelete
  7. Mas sy sudah merangkai yg paling bawah.tp masih ada low sub nya.kalau terasa mid high nya agak nongjol apa yg dirubah mas....
    Mohon infonya mas yg pas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya coba skema diatas suara mantap tapi selang beberapa hari bassnya menjadi sember itu karna apa ya bang

      Delete
  8. saya sudah mencoba elco 100ufx2 resistor gain pake 220=330. nada bass lumayan naik 3lipat dari standarnya tidak ada hum...

    ReplyDelete
  9. Cap 33n kalau di turunkan/dinaikkan efeknya bgaimana mas?

    ReplyDelete
  10. Kit safari ku jdi enteng bgt gain nya.
    Tak ulik2 komponen nya bisa jd gain mid low.
    Treble nya jg masih icis2.
    Makasih bang atas ilmunya.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel