-->

Apa itu DCO & Bagaimana Cara Mengatasi nya

cara seting dco

Dalam merakit Power amplifier hasil akhir nya belum tentu langsung bagus,  banyak banget masalah yang sering kali muncul dalam proses perakitan yang mengakibatkan gagal dalam merakit,  terkadang timbul suara serak, dengung final atau transistor yang cepet panas karna bias yang ketinggian,  semua permasalahan itu pasti akan muncul ' penyebab nya karna
faktor komponen di jaman  sekarang yang rata rata KW, jadi hasil nya DCO tinggi yang akan mengakibatkan spul speakr terbakar jika di putar di volume yang tinggi. 

Untuk itu Pada kesempatan kali ini akan saya coba bahas permasalahan tentang DCO &  cara mengatasinya, karna jika DCO sudah mendekati 0 ' biaspun akan imbang, transistor final jadi adem &  suarapun akan jernih dengan sendiri nya.

APA YANG DI MAKSUD DCO ?

DCO atau ( DC Offset ) adalah tegangan DC yang keluar pada out speaker power amplifier, Tegangan DC yang terlalu tinggi yang keluar di output speaker bisa berbahaya dan dapat menyebabkan spul speaker kita mudah jebol pada level volume yang maximal,  hasil suarapun tidak jernih karna daun speaker bergerak liar bahkan bisa mengeluarkan suara dengung, Oleh karena itu tegangan DC pada output speaker ini harus dihindari & di setings mendekati 0.00mv supaya posisi spool speaker seimbang, karena jika DCO(+) terlalu tinggi 'posisi spool speakr maju ke depan & jika DCO(-) yg tinggi posisi spool speaker akan mundur ke belakang walaupun level volume di tutup. Kebanyakan power amplifier dengan watt besar menggunakan tegangan ganda atau simetris (positif-ground-negatif) dan menghubungkan output amplifier langsung ke speaker tanpa kapasitor. Pada keluaran atau output amplifier bisa saja mengandung tegangan DC,  Tegangan DC inilah yang di sebut DCO.

BAGAIMANA CARA MENGUKUR DCO ? 

Cara mengukurnya yaitu menggunakan AVO digital supaya lebih akurat, Yaitu dengan cara menutup input dengan di jumper ke ground,  probe merah Avo di tempel di Out speakr sedangkan probe hitam ke ground, Dengan skala 200mV pada Avo digital,  lihat &  catat hasil DCO nya. Beberapa perancang elektronik menyarankan DCO maksimal +/-20mV. Namun 0.0mV pasti nya jauh lebih baik. 

BAGAIMANA CARA MENGATASI DCO YANG TINGGI ? 
Area DCO

Pada gambar diatas adalah contoh skema input amplifier yang memakai penguat diferensial atau LTP. Penguat diferensial tersebut dibentuk oleh Transistor NPN1 dan NPN2,  Tegangan Colector transistor mengalir melalui R1 &  R2,  Resistor ini yang biasa di sebut R DCO. Jika R1 dan R2 nilainya sama dan VBE dari npn1 dan npn2 sama, maka tegangan pada keluaran amplifier menjadi 0V,  sedangkan R3 adalah suply dari tegangan ( - ) untuk emitor,  rangkain seperti ini sekarng banyak di pake para modif driver supaya mnjadi minimlais,  pada driver yang sudah di minimalist tersebut' R3 ini bisa juga untuk menseting DCO + , sedangkan pada driver lama yang belum di minimalis' area R3 ini menggunakan rangkaian 1 buah transistor.

Untuk memperkecil DC Ofset &  mendapatkan bias yang seimbang, gunakanlah transistor 1 &  2 yang memiliki hFE yang tinggi & imbang,  demikian juga Transistor selanjutnya sprti bagian transistor driver nya.  

Terus bagaimana jika kita tidak punya stok transistor pengganti yang bagus? , 
cara nya adalah dengan menggunakan trimpot.

Coba sobat perhatikan Resistor R1 & R2 pada skema di atas,  resistor tersebut lah yang menahan tegangan suply DC yang masuk ke transistor, jadi apabila DCO nya tinggi, sobat bisa menaikan nilai Resistor supaya suply DC ke transistor berkurang & akan berkurang juga DCO yang keluar dari Out transistor.
R1 & R2 tersebut bisa sobat naikan atau turunkan nilai nya (tergantung nilai R yang ada di  driver).
supaya lebih mudah menaikan atau menurunkan nilai R1 &R2, sobat bisa memasang trimpot, caranya resistor tersebut di cabut 1 ujung nya & di seri dengan trimpot yg nilainya di bawah 5k, sewaktu kita mengukur DCO trimpot tersebut kita putar2 sampe Nilai DCO pada Avo mendekati  angka 0.


Demikian lah sedikit pembahasan masalah DCO yg bisa saya jelaskan,  semoga bisa di mengerti &  bermanfa'at  buat sobat smua.

36 Responses to "Apa itu DCO & Bagaimana Cara Mengatasi nya"

  1. Permisi mas, saya mau tanya.. kenapa pada rangkaian driver PA saya saat setting dconya tidak stabil. Kira2 apa penyebabnya ya? Padahal tegangan output PSUnya stabil di 65VDC. Mohon saran dan masukannya mas, terimakasih

    ReplyDelete
  2. maksud nya "sa'at setings" itu make cara apa mas ?, apa muter trimpot atau apa ?

    ReplyDelete
  3. suhu dari trafo 20a supply ketemu 77vdc kira2 resistor berapa ohm/wat driver 2tingkat 500wat stereo

    ReplyDelete
  4. Mas ku bingung mau pasang trimpot pda power 3 tingkat kdih caranya trimaksh sebelumya

    ReplyDelete
  5. Master mau nanya power saya kalau kabel sepekernya ngadu langsung gosong powernya

    ReplyDelete
  6. Kalao mau nurunin DCo.micro bostrap gimana om,trimakasih!

    ReplyDelete
  7. Kalao mau nurunin DCo.micro bostrap gimana om,trimakasih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. naikan nilai Resistor 2k2 yg masuk ke Colector transistor kecil mas, 2k2 yg masuk ke colector kan ada 2, yg di naikan yg menuju basis transistor bagian VCC +

      Delete
    2. Mas mau tanya.. .saat set dco tanpa input 0.00 tp kalo volume jam 3 dco lumayan tinggi

      Delete
  8. Mas penyebab dco gak setabil apa ya mas..mohon bantuane

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dari skema, bisa juga dari kualitas transistor yg jelek

      Delete
    2. Punya saya 506 tp dc.o nya 122 mas..

      Delete
    3. Gunakan driver model balance juga pastikan saat pasang tr gunakan hfe yang betul betul sama tr pasangan semisal a1015 c1815 cari yang sama hfenya kadang ada yang 350 satu 355 usahakan sama hfe di jamin langsung balance.

      Delete
  9. Mas kalo yang trimpot DCO nya di pin Emitor input stage itu gimana ya.. dan transistornya memakai PNP

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bisa juga, kan pada post nya juga sudah saya tuliskan bisa

      Delete
  10. Mas kalau cara set dco driver 1050 watt gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo driver tersebut saya blm pernah punya ataupun ngamatin mas, jadi blm bisa bantu.

      Delete
  11. Mas mau tanya. Kalo tegangan bias sama dengan tegangan supply apanya ya yang salah? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo skema sudah fix, biasanya dari faktor kualitas Transistor yg jelek mas

      Delete
  12. Entah malas jawab apa sibuk yg laen..kasian yg bertanya.Mending semua tanya sama master supri di spiderbeat orangnya sabar.

    ReplyDelete
  13. Mas yiroshi mk 9.apa bisa di pasang bias servo,, karena tidak ada trimpot untuk sett dconya

    ReplyDelete
  14. Dco dan bias socl 506 voltasenya sama seperti voltase elco

    ReplyDelete
  15. Bang mau nanya nih saya punya power apex mk3 udah di cek semua driver nya bagus,terus di input tegangan 12v dc dulu dan finlnya udah di ko masih ada dc yah -+6vdc itu kenapa yah mas?

    ReplyDelete
  16. saya masih belajar OCL voltase rendah (ampli rumahan). OCL stereo saya beli jadi, tinggal kasih tegangan 18 vct, tapi selalu keluar dengung saja, outputnya ada tegangan DC. mohon bantuan cara mengatasinya. terima kasih

    ReplyDelete
  17. Yg di cabut kaki resistor to colektor apa yg kaki resistor yg langsung di dc

    ReplyDelete
  18. Terimakasih penjelasanya mas, satu lagi mas mau tanya ini saya coba seting dco ambil d kaki 2 tr kecil yg emitor saya copot dan pasang d kaki 1 dan 3 trimpot dan out kaki 2 trimpotnya ke jalur emitor 2 tr kecil tadi,saya lihat d youtube kira2 akurat yg mana menurut mas ikhin untuk seting dco nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung skema power nya mas, kalo ke 2 Colector TR kecil sama2 terhubung ke basis TR selanjut nya ya bagusan cara yg mase pake, tapi kalo skema yg 1 colector nya lari ke basis TR Vas & 1 Colector nya hanya terhubung ke VCC ya bagusan yg ambil jalur di Colector ke basis TR Vas

      Delete
  19. Iya mas ini saya pakai drivernya mas ikhin nih m2 stereo btl, mau saya pasangkan trimpot untuk seting dco cari posisi yg pas, jd kesimpulanya bugusan pemasanganya d colector k basis tr vas ya mas..Terimakasih atas penjelasanya sangat mendetail banget. Maaf pemula mas masih ingin byk belajar. Sukses selalu mas👍

    ReplyDelete
  20. Jual Obat Aborsi bandung 0852-8333-555-8 – Jual obat aborsi cod bandung, Obat aborsi di bandung, Obat aborsi bandung, Obat aborsi wilayah bandung, Obat aborsi area bandung, Obat aborsi daerah bandung, Obat aborsi kota bandung, Penjual obat aborsi di bandung, Tempat jual obat aborsi di bandung, Alamat penjual obat aborsi di bandung, Penjual cytotec di bandung, Jual cytotec di bandung, Jual obat cytotec di bandung, Jual cytotec cod bandung, Apotik yang jual cytotec di bandung, Tempat beli obat cytotec di bandung, Cytotec cod bandung, Jual obat penggugur kandungan di bandung, Tempat menggugurkan kandungan di bandung, Obat penggugur janin di bandung, Obat peluntur janin di bandung, Obat peluntur kandungan di bandung.

    ReplyDelete
  21. Sy bingung ada power ampli yg pake bias servo...sy cek v bias vB+ 43 vol vB- 43 vol tpi dc out juga sm yaitu - 43 vol ..semua tr kecil 5401 dan 5551 dan ic 5332 uda sy gntia semua ttp aja hasil nya bgitu...sy coba pke speker .. speker bunyi pke musik normal juga..tpi v bias naik turun trus misal 40.43 vol naik 0.70 vol turun 0.52 vol..dco juga sm sprti itu....ini kira2 penyebabnya apa ya kamg ikin ..mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  22. Bilah membutuhkan software KTV Home Edition Suport Cloud silahkan datang langsung ke Web https://joko-sugiono.blogspot.com

    ReplyDelete
  23. Assalamualaikum mas, amplifier saya dco nya tinggi, saya lihat dari arusnya ke kolektor nya memakai 2 dioda diseri,fi mana ngatasinya mas? Mksh

    ReplyDelete
  24. Wahh harus hati-hati ya bila DCO terlalu tinggi,

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel