-->

Skema & Rahasia Hebat nya Speaker Aktif Polytron

Skema Power Speaker Activ Polytron

Siapa yang tidak kenal produk berlabel POLYTRON, produk elektronik yang 1 ini terkenal dengan kecanggihanya, Karena blog ini basic nya membahas seputar audio elktronik, maka salah 1 produk yang akan coba saya bahas adalah produk speaker aktif nya.

Speaker aktif POLYTRON di kalangan penghobi audio rumahan sangat terkenal & banyak pengagumnya, pada group group elektronik banyak yang bilang speaker aktif Polytron hasil suara nya memuaskan, jernih, kencang & dentuman bass nya empuk bertenaga, bahkan sebagian orang berkomentar katanya rakitan mereka sendiri yang sudah menggunakan transistor final sperti sanken atau thosiba tidak bisa meniru atau mengimbangi suara dari speaker aktif yang satu ini' padahal spesifikasi power rakitan mereka komponen & bahan lain nya sudah jauh lebih tinggi melebihi bahan & komponen yang di pakai pada speaker aktif Polytron  yang hanya menggunakan transistor final kecil seri TIP41/42.

Melihat fakta yang demikian, tentunya sobat yang belum pernah nyervis atau belum pernah membuka speaker aktif tersebut pasti nya pada penasaran kan apa sih rahasianya speaker aktif tersebut ?, memakai driver apa & tone control yang seperti apa ?, untuk sedikit mengurangi rasa penasaran sobat'  berikut ini akan coba saya berikan sedikit ulasan tentang isi dari speaker aktif Polytron.

Pada suatu hari ada seorang teman saya datang ke rumah membawa speakr aktif Polytron nya yang rusak & minta di serviskan karena tiap di nyalakan meteran listrik langsung njeglek, kebetulan pada waktu itu saya sendiri juga sedang penasaran sama isi pada speakr aktif tersebut, setelah saya buka saya merasa heran, ternyata isi nya biasa biasa saja' hanya menggunakan suply SMPS kisaran 5-7Amper, pengatur nada tone kontrol menggunakan transistor & jenis driver nya saya amatin & saya gambar skema nya, Skema driver yang di pakai hanya  menggunakan Skema OCL 150w dengan final menggunakan transistor TIP41/42, cuma bedanya pada bagian input terdapat sebuah penguat 1 transistor, berikut ini gambar skema driver OCL yang di pakai speaker aktif POLYTRON

skema power speaker aktif polytron

Setelah saya selesai menjiplak skema power nya, mulailah saya menge cek kerusakan pada tiap tiap bagian komponen nya, ternyata kerusakan ada pada bagian Dioda & MOSFET SMPS nya, setelah komponen yang mati smua nya ketemu ' speaker aktif pun bisa normal lagi setelah beberapa komponen2 yang mati tersebut di ganti, pas coba saya bunyikan' suaranya memang lebih bagus di banding rakitan umum yang menggunakan driver OCL Pasaran yang saya rakit, karena pada waktu itu saya merasa penasaran, maka sebelum speaker aktif nya di ambil sama yang punya, saya manfa'atkan untuk coba coba mengganti tone & driver pasaran yang saya rakit.

Percoba'an Pertama

  • Driver saya ganti dengan driver jenis lain yang menurut saya lebih bagus dari OCL dengan final thosiba 
  • Hasil nya Glerrr.... pada volume rendah tapi bass nggeber..... swaktu volume di naikan.
  • Kemungkinan penyebab nya karena tegangan dari  SMPS kurang mencukupi untuk mensuply driver & final nya atau mungkin speaker nya yang sudah tidak mampu menahan getaran bass nya.

Percoba'an Ke dua

  • Driver saya ganti menggunakan OCL 150w pasaran dengan final sama sama menggunakan TIP41/42.
  • Hasil nya kalah jernih & dentuman bass lebih bagusan OCL asli dari polytron, Final pun cepat panas
  • Kemungkinan penyebab nya dari faktor kualitas komponen yang jelek ( komponen KW )
  • Setelah di amatin ' skema power OCL polytron juga berbeda dengan OCL yang di pasaran, bisa jadi perbeda'an ini yang menambah nilai plus pada speakr aktif polytron, perbeda'anya pada bagian input skema power polytron terdapat 1 buah Transistor sebagai penguat dengan out Colector (Inverting) sebelum masuk ke input LTP, karena saya tidak meneliti skema tone control nya saya hanya bisa menduga" Kemungkinan out pada tone nya masih out inverting, jadi butuh tambahan 1 lagi Transistor inverting supaya out nya yang masuk ke basis input LTP power menjadi Non Inverting & berfungsi sebagai penguat sinyal dari Tone control nya.

Percoba'an Ke Tiga

  • Tone Kontrol saya ganti type lain yang menurut saya bagus
  • Hasil nya frequensy nada berubah tidak se nyaman pake tone bawa'an Polytron
  • Kemungkinan penyebab nya dari faktor frequensy nada tone pengganti tidak klop dengan karakter driver & speaker nya

Percoba'an Ke Empat

  • kabel speakr pada box aktif saya putus & saya sambungkan ke Speaker & box saya sendiri yang lebih besar
  • Hasil suara juga berubah, Volume di naikan gerak speaker jadi ngga setabil seperti kurang tenaga
  • Kemungkinan penyebab nya karena design box punya saya tidak cocok dengan karakter power nya,  watt speaker punya saya pun lebih tinggi dari watt speaker bawa'an, sehingga power nya tidak mampu  mendorong speaker karena kmampuan power driver lebih rendah dari speakernya
  • Pada point speaker ini saya mendapatkan  jawaban nya, di lain waktu saya dapet lagi pasien speaker aktif polytron yang kendala nya spool pada speaker terdengar gesrek ke magnet, setelah saya copot daun penutup spool nya" Ternyata walopun speaker nya kecil ukuran 8 inch tapi Coil nya besar se ukuran speaker 10-12 inch & diameter kawat nya spool nya lebih besar dari kawat spool speaker umum, jadi kualitas spool inilah yang juga menjadikan speaker ukuran kecil tapi hasil suara nya lebih mantap dari pada speaker kecil yang di pasaran

Setelah lelah mencoba dengan hasil yang ber beda beda, akhirnya saya mendapatkan kesimpulan dari percoba'an tersebut.

Kesimpulan nya Adalah 

  • Hasil bagus yang di dapat dari sebuah rakitan ternyata rahasia nya ada pada kualitas komponen & spearpat original khusus yang tidak beredar di pasaran,  dengan menggunakan komponen kualitas bagus maka akan menghasilkan suara yang bagus, jernih & pasti nya awet tahan lama 
  • Selain komponen yang menentukan, Hasil bagus yang di dapat dari sebuah rakitan rahasia nya karena sudah melalui Riset penelitian & percoba'an yang panjang untuk mencocok kan & men selaraskan antara suply PSU - tone kontrol -  driver - speaker & design box nya. Sebagai Contoh nya jika  Suply SMPS dari speaker aktif keluar tegangan hanya 30VDC, maka suply tersebut tidak akan cukup jika final pada power tersebut menggunakan sanken atau thosiba,hasil nya final adem tapi kinerja tidak akan maximal karena kekurangan tegangan, jadi suply 30VDC tersebut lebih pas untuk transiator final TIP41/42. kecocokan antara karakter tone, driver dengan karakter speaker & design box nya pun harus lah klop, contoh nya jika sobat pengin ngrakit power dengan karakter sub yang menggema' pasti hasil nya tidak akan nge sub maximal apabila sobat make nya speaker fulrange yang karakternya Low, apalagi kalo pake nya spkr toa' pasti bukanya karakter Sub yang di dapat tapi malah suara kemplontang yang di dapat.

Mencocokan atau menselaraskan smua bahan rakitan supaya hasil nya memuaskan tidaklah mudah, bagi kita perakit yang masih awam yang hanya bermodal menanam komponen mengikutin sebuah PCB' pasti butuh banyak waktu untuk mencoba gonta ganti kit & butuh banyak modal, jangankan kita yang masih awam, produsen pabrik sepeaker aktif yang di garap para ahli pun sama saja butuh banyak waktu , butuh banyak modal untuk meneliti & mencoba sebuah produk nya sampai mendapatkan hasil yang benar benar maximal & layak untuk di pasarkan, jadi sobat juga jangan menyerah !, teruslah berusaha mencari ilmu & pengetahuanya sampai bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Demikianlah sedikit ulasan tentang rahasia dari bagus nya sebuah rakitan sekelas speaker aktif POLYTRON, ulasan ini hanya sebatas kesimpulan saya pribadi yang di dapatkan dari hasil sbuah praktek, jadi ulasan atau kesimpulan ini bisa saja salah & bisa juga benar ada nya, semua nya tergantung dari penilain & pengetahuan sobat sendiri. 

17 Responses to "Skema & Rahasia Hebat nya Speaker Aktif Polytron"

  1. Mantap mas...
    Kalau boleh bikin layout nya dong hehe..


    ReplyDelete
    Replies
    1. kan skema driver nya sama saja kaya OCL pasaran mas, beda nya ada 1 penguat transistor doang di input nya

      Delete
    2. Mbah tonekntrol pltronnya apa di jiplak jga?

      Delete
    3. Jadi penguat sebelum input power, dan setelah tone control

      Delete
  2. Oh begitu mas....
    Maklum masih sangat awam jadi kalau lihat sekema itu bawaan nya puyeng hehe..
    Mas ngomong ngomong mas ikhin sudah pernah rakit Amplifier Hiraga belum ?
    Barangkali punya layout nya..

    ReplyDelete
  3. tr A1015 basis nya lupa kasih r nggambar nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. permisi om... maksud tr A1015 basis nya lupa kasih r nggambar nya... itu apa om?? tolong di jawab,

      Delete
    2. trnyata betul,stlah tek tliti basis nya kurang R33k lari ke ground, terimakasih udh bantu ngoreksi !

      Delete
  4. Pak sy bingung letak r 33 k yg lari ke graound. Tr A1015 yg bagian mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. basis setelah milar 100n mas, pas bgt pada posisi tulisan OCL Polytron

      Delete
    2. Makasih mas. Nti klau sempat mas tolong buatin layoutnya

      Delete
  5. Yes i am totally agreed with this article and i just want say that this article is very nice and very informative article.I will make sure to be reading your blog more. You made a good point but I can't help but wonder, what about the other side? !!!!!!Thanks SEO

    ReplyDelete
  6. Mas c4 itu kapasitasnya brpa, 1 mikro farad berarti 1000n ya mas atau 103

    Soalnya di atas mas blng 100n milar setelah basis tr A1015..

    ReplyDelete
  7. Sepertinya disini masih banyak rahasia yg belum terungkap dibalik pesona suara spk aktif polytr*n. hi...hi...hi...

    ReplyDelete
  8. Sepertinya ocl yg asli di sempurnakan oleh polytron..
    Wuih manteb suaranya

    ReplyDelete
  9. Pada skema ada beberapa nilai resistor yg di tulis OPT , itu maksudnya apa ,atau berapa nilainya?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel