-->

Bostrap M2 Stereo & BTL

Bostrap M2 StereoSetelah sebelumnya saya bagikan Layout Driver Bostrap M2 versi mono' kali ini akan saya bagikan lagi Driver Bostrap M2  yang versi stereo.

Untuk audio rumahan rasa nya kurang enak jika musik yang di dengar tidak stereo,  karena dengan musik audio yang stereo suara yang di hasilkan Out L & R nya berbeda beda,  antara treebl speaker L & treeble speakr R bisa saut sautan,  nada nada lain seperti ketukan juga bisa saut sautan tergantung mp3 stereo yang kita putar.

Driver Bostrap M2 yang satu ini tidak usah di ragukan lagi hasil suara low sub nya,  di rakit pun irit dana karna komponen nya bener2 simpel &  mini seperti yang sudah saya review di Layout Driver Bostrap M2 pada post sebelumnya.

jika driver yang mono saja sudah menggelegar,  pasti nya versi yang stereo jauh lebih baik karna layout nya sudah saya terapin Resistor BTL,  bagi sobat yang hobi ngrakit power ampli pasti nya tau kalo system BTL power ampli bisa menghasilkan tenaga 2x lipat.

me BTL power ampli memang menghasilkan suara yang menggelegar 2x lipat,  tapi me BTL power harus lah hati2,  setingan bias & DCO driver L & R haruslah bener2 se imbang,  jika bias &  DCO ngga seimbang sangatlah berbahaya' karna transistor final akan cepet panas &  mudah membakar spul speakr sobat,  jadi saya sarankan lbih baik ber hati hati jika mau me BTL driver.

Cara me BTL driver Bostrap M2 ini sangatlah mudah,  berikut ini cara me BTL nya
1. setelah sobat menyeting Bias sampe imbang & set DCO sampe mendekati angka 0, sobat tinggal isi R BTL dengan nilai 10k-15k pada R BTL yang tertera di layout atas
2. Jumper input power L ke ground
3. Out L untuk phase 0 pada speaker &  Out R untuk + pada speaker.

Sangat mudah kan sob cara me BTL nya??
buat sobat yang tertarik ingin merasakan sensasi bass low sub nya Bostrap M2,  silahakan sobat ambil hitam putih nya di bawah ini!
Ukuran layout sudah tertera di tataletak layout atas.
PERHATIAN !!
BAGIAN TITIK LUBANG BAUT ATAS KANAN KIRI HARUS DI LEBARIN YA SOB SUPAYA NGGA MENYENTUH MUR BAUT, TAKUT NYA BIKIN SHORT ANTARA LUBANG BAUT ATAS &  BAWAH,  KARENA LUBANG BAUT BAWAH NEMPEL KE GROUND,  SEDANGKAN YG ATAS NEMPEL KE DC -,  DULU SEWAKTU NGLAYOUT LUPA NGGA MPERHATIKAN HAL TERSEBUT


8 Responses to "Bostrap M2 Stereo & BTL"

  1. Anjang lebar nyah brph kang

    ReplyDelete
  2. ukuran PCB sudah tertera di layout atas nya .

    ReplyDelete
  3. Q rakit yg btl kok gk hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. tliti lagi jalur pcb & komponen nya, layout sblum di share sudah di test, jika anda gagal itu jelas ksalahanya anda dalam merakit

      Delete
    2. Mas mau nanya maksimal berapa vac tegangan input dan berapa amper tarafonya? Makasih

      Delete
  4. mas ikhin ada skemanya?,soalnya saya sudah buat versi mono 2 biji

    ReplyDelete
  5. Saya jumper sesudah milar 22n bisa bunyi, tapi jika ikut skema di atas yg di jumper sebelum 22n nggak bunyi sama sekali

    ReplyDelete
  6. Itu tip nya mang d balik sebelah atau d samakan mas

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel