-->

Cara Mem BTL Power Amplifier Menggunakan Kit BTL

Untuk menepati janji saya di post sebelumnya yang membahas Cara Mem BTL Power Amplifier Menggunakan Resistor,  maka pada post kali ini tentu nya akan saya bahas Cara Mem BTL Power Amplifier yang Menggunakan Kit BTL.
Jika sobat belum paham apa itu BTL & keistimewa'anya,  silahkan bisa sobat simak  Cara Mem BTL Power Amplifier Menggunakan Resistor pada post sebelum nya!.

Untuk memulai pembahasan,  Coba sobat simak gambar skema rangkain kit BTL di bawah ini :
Gambar diatas adalah skema rangkaian BTL pembalik fasa menggunakan ic op-amp, Tipe ic Op-amp LF353 bisa anda ganti dengan ic op-amp 4558 atau TL072 yang banyak dipasaran,  rangkain kit BTL seperti di atas juga banyak sekali di jual di toko toko elektronik,  jadi bisa sobat beli jadi &  tinggal di pasang untuk Mem BTL.
kit btl
Bagi sobat yang sudah terbiasa mencetak PCB sendiri, sobat bisa langsung bikin sendiri KIT Fiter BTL nya dari layout Kit FILTER BTL yang sudah saya bagikan di post yang ini
Layout Filter BTL
Setelah kit BTL nya sudah tersedia,
BAGAIMANAKAH CARA PASANG NYA?

Cara memasangnya tinggal Sobat buatkan supply tegangan simetris 15V-CT-15V untuk rangkaian ini, bisa anda ambilkan dari output extra pada trafo atau dengan trafo sendiri atau dengan penambahan ic regulator 7815 dan 7915 yang disatukan dengan tegangan power amplifiernya, Kemudian output positif masuk ke input power Left dan output negatif masuk input power Right, Output speaker menggunakan output dari kedua output power amplifier. Output power Left adalah output speaker positif dan output power Right adalah output speaker negatif, Output speaker pada rangkaian power BTL tidak menggunakan Ground Karena sudah digantikan dengan out fasa negatif dari power amplifier satunya yang diberi input dengan fasa negatif, Sehingga output speaker adalah dari output speaker kedua power amplifier.  Tanpa ada settingan yang lain rangkain ini sudah bisa langsung  digunakan.

Fungsi dari penambahan rangkaian/kit BTL ini adalah untuk membalik fasa suara 180 derajat yang kemudian diumpankan pada dua power amplifier mono atau satu power amplifier stereo.

0 Response to "Cara Mem BTL Power Amplifier Menggunakan Kit BTL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel