-->

Layout Galaxy Boster

Yang namanya selera telinga dalam merakit power amplifier pasti ngga ada kata puas nya, setiap kali kita ngrakit selalu ada nada suara yang di rasa kurang,  entah itu kurang menggelegar bass nya, kurang lantang midel nya ataupun kurang icis icis nada treeble nya,
Saya sendiri pun selama mengenal rakitan amplifier mengalami hal yang sama,  selalu merasa kurang puas pengin selalu mencoba &  mencoba ACC baru penguat nada seperti kit Galaxy, tone control, filter subwoor,  equalizer DLL dengan harapan nada yang di inginkan tercapai. 

Menurut saya pribadi, untuk mnciptakan nada treeble & midel yg tinggi masih tergolong mudah, cukup memakai penguat IC OpAmp yang kualitas nya bagus pun udah bisa dapat, tapi untuk mnciptakan bass GLERRR......LEMBUT  memanjang (SUB)  yang saya rasakan susah dapat nya,  rata2 penguat bass pun minimal harus memakai 2 tingkat IC untuk merangkai skema bass,  untuk sekedar menghasilkan Bass yang njedug keras mudah untuk di dapatkan, tapi bass tersebut pastilah bikin sakit telinga kalo cuma nada bass asal asalan.

Setelah sekian lama gonta ganti ACC untuk mencari nada yang di harapkan,  ada satu jenis ACC Galaxy yg menurut saya hasil suara Bass &  Treeble nya bagus mendekati harapan &  selera telinga saya,  Galaxy ini beredar juga di pasaran 'akan tetapi butuh sedikit sentuhan modif supaya bass nya jauh lebih empuk, Nah....  hasil dari galaxy yang sudah saya modif ini saya coba layout ulang &  hasil nya akan saya bagikan pada post kali ini,  Layout hasil modifan saya ini saya namai GALAXY BOSTER,  karna skema nya mirip dengan skema Bass & Treeble Boster,  skema GALAXY BOSTER ini  beda banget dengan skema galaxy biasa yang sering kita dapati di pasaran.

Berikut ini tampilan layout atas dari Galaxy Boster
Galaxy Boster
Galaxy Boster menggunakan catu daya CT 12v &  di sarankan menggunakan PSU regulator Cimetris 7812/7912 untuk mendapatkan suply DC yang bagus,  Pemasangan Galaxy boster sebaik nya pada input awal sebelum tone control.

Skema di atas karakter bass/sub nya lebih dominan ke bass jedug atau Low, Untuk merubah karakter sub supaya lbh empuk atau lembut, 2 resistor 47k sebelah atas kanan kiri bisa di naikan menjadi 330k-470k, sedangkan 2 resistor 47k deretan bawah kanan & kiri di naikan menjadi 100k.

Bagi sobat yang tertarik ingin mencoba nya silahkan sobat download file PDF nya di bawah ini !

DOWNLOAD LAYOUT GALAXY BOSTER

File berformat .zip, setelah terdownload extrak terlebih dahulu menggunakan apps file manager bawa'an HP sobat supaya terbuka isi file pdf di dalam nya, print menggunakan ukuran kertas A4.


12 Responses to "Layout Galaxy Boster"

  1. Mas Itu gambar/ simbol yg in & OUT-nya pakai potensiometer atau switch ?

    ReplyDelete
  2. pake switch mas, itu karakter bass nya nge Low, kalo pengin nge sub ada nilai resistor yg di rubah

    ReplyDelete
  3. Itu ada elko yg diatasnya R 10K nilainya berapa Uf mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. samain aja kaya yg di atas mas, pake 4,7uf

      Delete
  4. Klo pake TL074 bisa ga mas?

    ReplyDelete
  5. mas maaf engga bisa di download file nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas.. Dicoba lagi. Ikutin aja langkah langkahnya.
      Saya gak pernah ada yang gagal download di blog mas ikhin

      Delete
  6. Kalau treble nya agak ke midle, apa nya yg di ubah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. c10n di ubah2 nilai nya, smakin naik smakin beralih ke midel

      Delete
  7. Link download-nya Error mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya perbarui link nya mas, terimakasih atas info nya

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel