-->

Cara Mengubah Trafo Non CT Menjadi Out CT

Cara Mengubah Trafo biasa non CT Menjadi CT
Cara Mengubah Trafo Non CT Menjadi Out CT

Transformator atau biasa disingkat trafo adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menurunkan atau menaikkan tegangan listrik AC. Trafo penaik tegangan (step-up) dan trafo penurun tegangan (tep-down) mempunyai dua jenis berdasarkan tap/therminalnya yaitu trafo engkel/trafo non CT dan trafo CT . 

Trafo non CT adalah jenis trafo dimana pada gulungan sekundernya mempunyai 1 buah output
Cara paling mudah untuk membedakan antara trafo non CT dan trafo CT adalah dengan memperhatikan tanda CT, Jika pada sebuah trafo tidak mempunyai tanda CT maka dapat dipastikan trafo tersebut bukan trafo CT.

Tegangan CT membutuhkan trafo dengan tegangan skunder khusus yakni center tab atau CT, maka tentu saja trafo harus menyesuaikan dengan kebutuhan sirkit tegangan, Terus bagaimana jika kita mau merakit sbuah audio elektronik seperti Amplifier atau tone control yang membutuhkan suply CT ( - 0 + ) sedangkan kita hanya punya trafo non CT ?

Untuk itu pada post kali ini akan saya bahas Cara Mengubah Trafo biasa non CT Menjadi out CT, karna
Banyak sekali audio yang membutuhkan tegangan CT, karena tegangan CT ini dapat menghasilkan suply arus dari trafo dengan maksimal. Semua power ampli yang menggunakan transistor dan mosfet dari class apapun kebanyakan menggunakan tegangan CT. Tak hanya itu, tone control, mixer, crossover, dll juga banyak yang menggunakan tegangan CT ini.

Ada beberapa Cara Mengubah Trafo biasa non CT Menjadi out CT yang bisa sobat lakukan, ada yang sangat mudah hingga yang tersulit, sobat bisa memilih cara yang menurut sobat yang paling mudah diantara 4 berikut ini :

1. Membagi Skunder AC Trafo Dengan Dioda
Dengan menyediakan komponen 2 buah dioda & 2 buah elko yang di rangkai seperti gambar di atas sudah bisa mengubah trafo non CT menjadi out CT, namun Cara ini tidak menghasilkan arus se maksimal trafo CT aslinya, akan tetapi bisa digunakan dengan baik untuk suply Acc seperti tone control,mixer, galaxy dll, bisa juga di gunakan untuk suply power yang watt rendah seperti power 150 watt ke bawah dengan trafo non ct 5 ampere.

2. Menggabungkan 2 Trafo Non CT


Jika sobat memiliki 2 buah trafo non CT yang memiliki ampere yangg sama, maka sobat bisa menggunakan cara seperti gambar di atas dengan tambahan 4 dioda silinder & 2 buah elko . Cara ini dapat menghasilkan tegangan CT yang optimal seperti halnya jika pakai 1 trafo CT biasa ,bahkan arusnya bisa jadi lebih stabil untuk menghidupkan power ampli.

3. Memanfaatkan Inverter 12 Volt To CT


Cara ini dengan menambahkan kit khusus yang dinamakan inverter DC 12 volt to CT. cara ini hasilnya juga maximal dan nggak kalah sama trafo CT . Daripada sobat membeli trafo baru yang harganya mahal, mendingan sobat membeli kit inverter DC ini yang harganya sekitar 60 ribuan.

Inverter DC ini pada awalnya dibuat untuk merubah tegangan aki di mobil, yaitu untuk menghidupkan power yang membutuhkan tegangan simeteris yang umum pada class power transistor/mosfet,  dengan menggunakan kit inverter ini hasilnya tentu akan setara sesuai dg ampere trafo kamu. Mengenai Voltase outputnya adalah DC simetris atau CT, dan tegangannya bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, belilah ditoko inverter yang memenuhi kebutuhan kamu yaitu 18, 24,  hingga 42 volt DC.

4. Membongkar Trafo Dan Mengganti Gulungan Skunder.

Nah, ini adalah cara yang menurut saya paling susah karena sobat harus membongkar keren/inti besi  trafo dan menambah lilitan skundernya, cara ini butuh pengetahuan khusus, harus paham rumus rumus menggulung trafo, apabila sobat minim pengetahuan tentang cara menggulung trafo, sebaik nya sobat pilih di antara ke 3 cara di atas yang lebih mudah.

Demikian lah pembahasan cara mengubah trafo non CT menjadi Out CT yang bisa saya jelaskan, jumpa lagi lain kesempatan di post selanjutnya.

2 Responses to "Cara Mengubah Trafo Non CT Menjadi Out CT"

  1. Mas klo smps non ct bisa gak di gabung pake cara yang ke 2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas,yg penting Amper & vol SMPS nya sama, out (-) SMPS 1 di satuin dengan out (+) SMPS 2 , penyatuan itu yg jadi CT nya

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel