-->

Mini Inverter DC 3v To Ac 220 (JT)



Kehidupan di jaman sekarang tidak bisa lepas dari yang nama nya listrik, karena semua peralatan di rumah kita hampir semua nya menggunakan listrik untuk menyala kanya.
Televisi, Kipas angin, kulkas ,Radio & lain sebagai nya tidak bisa berfungsi jika tanpa listrik, maka dari itu jika sebentar saja listrik dari PLN mati ' rasa nya kita hampa  seperti tidak bisa ngapa2in, terlebih lagi jika mati listrik nya sewaktu malam hari, Rumah Gelap gulita serasa di dalam Goa, Bagi di rumah sobat yang mempunyai Genset, listrik mati di malam hari tidaklah begitu berasa, tapi bagi yang tidak punya genset pastilah akan berasa gelap nya.

Kebiasa'an orang mencari solusi gelap sewaktu mati lampu adalah dengan cara membeli lilin untuk mengurangi gelap nya rumah, tapi bagi sobat yang  areanya  sering banget mati lampu seperti di kampung saya' lama lama boros & malas juga tiap kali mati lampu harus pergi ke warung buat beli lilin, maka dari itu  saya berpikir mencari solusi untuk mengatasi gelap nya rumah.

Karena hobi saya mengotak atik elektronik ,maka solusi yang tek cari ya memanfa'atkan komponen bekas, kebetulan saya punya bekas batrai HP & bekas carger nya yang mati, terfikirlah untuk merakit mini inverter Mini Inverter DC To AC 220.
Bahan komponen untuk membuat Mini Inverter sangat lah terjangkau, yaitu

1. Batrai Jam dinding (AAA) atau Batrai HP Yang bisa di cas 
2. Trafo bekas casan HP
3. Transistor NPN (3055 ke atas)
4. Resistor 100 & 200 ohm
5. Elko 220-1000uf 16v
6. Lampu LED 5Watt atau lebih & dudukan lampu

dengan memanfa'at kan komponen bekas di atas, jadilah mini inverter yang bisa menyalakan LED dengan suply batrai 1,5v - 5v & bisa bertahan skitar 3-4jam
Karna kebetulan saya punya batrai bekas HP yg sudah rusak, saya tes untuk mensuply mini inverter tersebut & kuat bertahan hampir semalaman sampe listrik PLN nyala kembali.

Apabila di tempat sobat sering ngalamin listrik mati seperti di kampung saya, tidak ada rugi nya sobat coba merakit mini inverter yang 1 ini supaya tidak boros terus2an beli lilin, karna jika kita merakit mini inverter ini menggunakan Batrai yang bisa di isi ulang/cas, kita cukup mengisi ulang batrai tiap kali batrai nya terpakai habis.

Jika sobat  tertarik pengin coba merakit nya ' sebelum klik link download layout , saya sarankan sobat baca baca dulu dengan detail !
CARA DOWNLAOD FILE DI WEB SAFELINKU supaya tidak kesusahan dalam proses mendownload file nya, karna saya amatin banyak yang belum paham cara download file di web saflinku.

setelah sobat paham cara download nya, silahkan sobat download file layout nya di bawah ini :

DOWNLOAD LAYOUT MINI INVERTER SERVER 1
Atau
DOWNLOAD LAYOUT MINI INVERTER SERVER 2

Pilih salah satu server download yang lebih mudah, File download berformat .zip, setelah terdownload klik & extrak terlebih dahulu menggunakan apps file manager bawa'an HP sobat, lalu print & fotocopy layout dengan ukuran 46x36mm

7 Responses to "Mini Inverter DC 3v To Ac 220 (JT)"

  1. mantab mas,,,lanjut kan kreatif mu

    ReplyDelete
  2. Saya bikin kok ndak hidup y.....
    Tak cek jalur 220 volt.a ndak ada setrumnya

    ReplyDelete
  3. cek nya pake lampu LED abal abal yg 5watt ke bawah mas !, jangan pake LED bermerk yg watt nya tinggi

    ReplyDelete
  4. Mas saya bikin kok gak nyala..saya sentuh juga gak nyetrum

    ReplyDelete
  5. saya cek pake led kecil"juga gak nyala..

    ReplyDelete
  6. jika gx nyala brarti posisi lilitan pada trafo ferit yang di pake beda posisi, karna beda merek ces an hp juga beda juga posisi lilitan pada kaki nya, tugas kita tinggal nuker2 posisi kaki pada ferit nya

    ReplyDelete
  7. Terimakasih buat skemanya Mas, sukses Selalu.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel