-->

Layout Driver Quasy

SEPASANG LAYOUT DRIVER QUASY

Layout Driver Quasy

Setelah sebelum nya saya post tentang LAYOUT TRANSISTOR FINAL QUASY dan CARA PARALEL TRANSISTOR FINAL QUASY, Pada pertemuan kali ini akan saya bagikan lagi SEPASANG LAYOUT DRIVER QUASY.

Layout driver yang satu ini sangat bermanfa'at bagi sobat yang mempunyai banyak transistor final tapi hanya sejenis, baik jenis nya NPN semua ataupun PNP semua, dengan layout driver ini transistor sejenis yang sobat punya bisa terpakai , tidak akan nganggur merana karena efek jomblo di tinggal pasanganya 😂.
Penjelasan tentang Quasy sudah bolak balik saya jelaskan pada post yang lalu, tapi demi kemudahan sobat yang belum membaca nya akan coba saya jelaskan ulang tentang apa itu Quasy.

Apa si yang di maksud Quasy ?
Quasy dalah pemasangan transistor final yang menggunakan seri yang sama/1 jenis, bisa pake jenis NPN semua ataupun PNP smua.
pada umum nya Transistor final memakai sepasang jenis NPN & PNP smua,  tapi pemasangan final quasy bisa sobat terapkan juga untuk memanfa'atkan 2 transistor 1 jenis yang telah Jomblo di tinggal kan pasanganya 😁, hasil suaranya pun sama2 bagus ngga kalah sama transitor final yang sepasang.

Untuk itu Layout Driver Quasy ini saya bikinkan sepasang sekalian, supaya sobat bisa milih layout Quasy mana yang sobat butuhkan, Untuk skema dasar dari driver quasy ini saya ambil dari skema OCL 150 Watt yang saya modifikasi dengan gain Bostrap & pengubahan pada bagian Transistor driver & Finalnya supaya jadi Quasy.

Skema Driver Quasy rata rata mempunyai sedikit masalah pada bias nya, masalah nya adalah jika bias di ukur pake Avometer hasil nya jomplang, akan tetapi pada hasil test dari layout ini suara nya normal & panas dari transistor final nya rata, jadi menurut saya tetap aman di pake selagi Panas Transistor nya normal & tidak panas sebelah.

Berikut ini tampilan atas dari LAYOUT QUASY NPN

Quasy NPN

Dan yang di bawah  ini untuk tampilan atas LAYOUT QUASY PNP



Bagi sobat yang membutuhkan layout nya ,silahkan sobat download file pdf layout nya di bawah ini


File download berformat .zip, setelah terdownload klik & extrak terlebih dahulu menggunakan apps file manager bawa'an HP sobat supaya terbuka file pdf nya, lalu print & fotocopy layout dengan ukuran kertas A4.

10 Responses to "Layout Driver Quasy"

  1. Mas belum di kasih beban kok udah panas banget Kira2 apnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di cek bias nya tinggi apa tidak ?, terus tliti lagi jalur PCB & komponen nya !!

      Delete
  2. Punyaku sama panas banget blm di kasih beban juga.
    Solusinya gimana ya maaf baru brlajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komponen sama jalur aman mas udh saya cek semua

      Delete
    2. coba cek bias nya !!, kalo ketinggian turunin bias nya

      Delete
    3. Untuk nurunin bias resistor mana mas yg diganti?

      Delete
    4. coba salah 1 dioda bias di ganti pake R100 ohm ke bawah mas, smakin kecil nilai nya bias smakin turun, bisa juga R560 ohm yg ke emitor TR kecil CCS di naikan 680 ohm

      Delete
    5. Maksih banyak mas ilmunya mantep, stelah ganti dioda pake R sekarang jadi aman gk panas lagi finalnya.

      Delete
  3. Mas punya saya driver ocl saya rubah jadi qwaisi tapi bila di kasih kabel input keluar suara sperti diesel solusinya bagai mana mas maaf saya baru belajar

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel