-->

Cara Membuat PSU Setengah Gelombang & Full Gelombang

Sebelum kita membahas Cara membuat PSU setengah gelombang & full gelombang, sbaik nya kita memahami dulu apa itu Penyearah gelombang pada elektronik ?

PENYEARAH GELOMBANG
Adalah suatu bagian dari Rangkaian Catu Daya atau Power Supply yang berfungsi sebagai pengubah sinyal AC (Alternating Current) menjadi sinyal DC (Direct Current). Rangkaian Rectifier atau Penyearah Gelombang ini pada umumnya menggunakan Dioda sebagai Komponen Utamanya. Hal ini dikarenakan Dioda memiliki karakteristik yang hanya melewatkan arus listrik ke satu arah dan menghambat arus listrik dari arah sebaliknya. Jika sebuah Dioda dialiri arus Bolak-balik (AC), maka Dioda tersebut hanya akan melewatkan setengah gelombang, sedangkan setengah gelombangnya lagi diblokir. Untuk lebih jelas nya, silakan lihat gambar dibawah ini :

PENYEARAH GELOMBANG
Gelombang warna hijau merupakan gelombang Full bolak balik (AC) Sedangkan gelombang warna ungu merupakan gelombang searah (DC) yang di hasilkan setelah melewati sebuah Dioda.

Setelah kita paham pengertian akan penyearah gelombang, marilah kita lanjut membahas Cara membuat PSU setengah gelombang & full gelombang utuk membuat suply audio elktronik.
Rangkaian PSU elktronik terdiri dari 2 macam , yaitu Full gelombang  dan Setengah gelombang.

PSU + & 0 Setengah Gelombang Menggunakan Trafo Non CT

Rangkaian penyearah setengah gelombang pada trafo Non CT  merupakan rangkaian penyearah sederhana yang hanya dibangun menggunakan satu dioda & satu elko saja seperti pada gambar berikut ini.
Setengah Gelombang Menggunakan Trafo Non CT
Rangkaian penyearah setengah gelombang ini memiliki kelemahan pada kualitas tegangan DC yang dihasilkan.
Oleh sebab itu rangkaian penyearah setengah gelombang ini lebih sering digunakan sebagai rangkaian yang berfungsi untuk menurunkan daya pada suatu rangkaian elektronika sederhana & hanya di rekomendasikan untuk mensuply beban ringan seperti suply LED, kipas dan lain lain, tegangan AC 32v dari trafo' setelah di se'arahkan dengan menggunakan 1 dioda & 1 elko akan menghasilkan tegangan -+40VDC.

PSU + & 0 Full Gelombang MenggunakanTrafo Non CT

Pada rangkaian PSU setengah gelombang diatas hanya menggunakan 1 dioda dan 1 elko' berbeda dengan rangkaian PSU Full gelombang trafo non CT ' yaitu menggunakan 4 buah dioda (bridge) & 1 buah elko, rangkain PSU full gelombang pada trafo non CT bisa sobat bikin dengan melihat gambar nya di bawah ini
PSU + & 0 Full Gelombang MenggunakanTrafo Non CT

Hasil tegangan AC 32v dari trafo' setelah di se'arahkan dengan menggunakan 4 dioda & 1 elko juga akan sama  menghasilkan tegangan -+40VDC, tapi dengan penye'arah full gelombang ini hasil nyal ebih bagus dari yang setengah gelombang yang hanya menggunakan 1 dioda, hasil tegangan
bisa sobat gunakan untuk suply beban berat seperti Amplifier yang menggunakan catu daya Non CT (0 & +) seperti power  yang pakai IC TDA & power GROUND BRIDGE

PSU CT Setengah Gelombang Menggunakan Trafo Non CT
PSU CT Setengah Gelombang Menggunakan Trafo Non CT
Rangkaianya terdiri dari 2 buah elko & 2 buah dioda yang di paralel dengan membalikan salah 1 kutub (+) pada dioda nya untuk menjadi tegangan (-) nya, skema ini sebagai alternatif jika kita butuh tegangan CT tapi hanya punya trafo Non CT, tegangan yang di hasilkan kurang maximal, karena 1 kawat di searahkan menjadi dua
kutub (+) dan (-)

PSU CT Full Gelombang Menggunakan Trafo CT

Untuk membuat rangkaian PSU CT Full  gelombang yang menggunakan trafo CT ' di butuhkan 4 dioda penyearah (bridge) & 2 elko, skema rangkaian PSU CT full gelombang bisa sobat rangkai dengan melihat gambar di bawah ini.
PSU CT Full Gelombang Menggunakan Trafo CT

Penyearah gelombang penuh (full wave rectifier) adalah sistem penyearah yang menyearahkan semua siklus gelombang sinus menggunakan 2 blok dioda (satu blok dioda menggunakan 2 dioda yang diparalel) yang bekerja secara komplenen. Satu dioda bekerja pada fase siklus positif dan satu dioda bekerja pada fase siklus negatif yang telah dibalik. Oleh karena itu penyearah gelombang penuh identik dengan penggunaan transformator center tap (CT) yang memiliki dua buah output sinyal AC dengan fase berkebalikan.

Rangkaian penyearah gelombang penuh ini menghasilkan tegangan DC dengan riak (ripple) yang lebih sedikit dibanding penyearah setengah gelombang. Hal ini karena gelombang yang dihasilkan lebih rapat yaitu hasil penggabungan dari siklus sinyal sinus positif dan siklus sinyal sinus negatif, PSU full gelombang ini hasil tegangan AC 32v dari trafo' setelah di se'arahkan dengan menggunakan 4 dioda & 1 elko juga akan sama  menghasilkan tegangan -+40VDC, Rangkain ini paling umum di pakai untuk mensuply beban Amplifier yang membutuhkan catu daya CT.

PSU + & 0 Full Gelombang Menggunakan Trafo CT.


PSU + & 0 Full Gelombang Menggunakan Trafo CT
Skema ini bagus untuk mensuply power ampli Non CT, penggabungan 2 kawat bertegangan 32v menggunakan 2 buah dioda ini menjadikan tegangan stabil.

PSU CT Setengah Gelombang Menggunakan Trafo CT.

Untuk membuat rangkaian PSU CT setengah gelombang dengan menggunakan  trafo CT caranya sama saja seperti PSU setengah gelombang yang menggunakan trafo Non CT, hanya membutuhkan 2 dioda dan 2 elko, beda nya adalah jika kita menggunakan trafo CT, pin CT pada trafo tidak di gunakan, fungsi CT di gantikan dengan 32v yang pertama yang berati sebagai kaki 0 pada trafo nya  , untuk skema nya bisa sobat perhatikan dengan melihat gambar di bawah ini.

PSU CT Setengah Gelombang Menggunakan Trafo CT

Rangkain PSU setengah gelombang menggunakan trafo CT ini mempunyai 1 kelebihan dan 1 kekurangan, kekuranganya adalah tegangan nya akan mudah drop jika di tarik beban berat, Trafo akan berasa lebih panas karena di paksa kerja maximal,  terkait pada masalah drop ini banyak yang berpendapat kalo drop tersebut di sebabkan karena Arus/Amper pada trafo akan terhitung separuh nya, misal trafo yang di gunakan 10Amper, maka arus yang di hasilkan pada rangkaian ini hanya terbaca menjadi 5Amper, hal ini terjadi karena CT pada trafo tidak di gunakan, jika CT pada trafo kita gunakan' maka sama hal nya kita memakai 2 kawat dengan tegangan 32v yang di paralel, jika 1 kawat mengeluarkan arus 5Amper' maka jika di paralel akan menjadi 10Amper.
Berhubung CT pada trafo pada rangkaian setengah gelombang ini tidak di gunakan, maka sama halnya kita memakai 2 kawat dengan Arus 5A yang di seri, hasil nya Arus  Amper akan terhitung 5Amper' tapi tegangan Volt akan naik menjadi 32v + 32v = 64VAC , jika di searahkan dengan dioda & elko akan menghasilkan tegangan -+ 80VDC , karena tegangan nya naik jadi 2x lipat ini lah yang menjadikan kelebihan PSU Setengah Gelombang ini.
PSU setengah gelombang ini bisa menjadi sebuah alternatif jika sobat membutuhkan  Volt yang tinggi namun hanya punya trafo Amper besar dengan Volt yang rendah,  Untuk masalah kontrofersi PSU setengah gelombang yang amper nya turun separuh nya, sebaik nya di lakukan uji pengetesan dengan alat yang lengkap, karena saya sendiri belum bisa meng uji nya karena terkendala kurangnya alat, jadi saya belum bisa memastikan drop tegangan tersebut karena Arus yang melemah atau karena faktor lain.

Demikianlah  beberapa skema rangkain PSU setengah gelombang & Full gelombang yang umum di gunakan untuk mensuply elektronik, sebetulnya masih banyak skema skema lain yang belakangan ini di temukan para perakit elktronik , seperti PSU Tandon, belah CT dan lain sebagai nya, untuk skema lain lain tersebut mungkin akan saya bahas & saya gambarkan di lain waktu.

1 Response to "Cara Membuat PSU Setengah Gelombang & Full Gelombang"

  1. Rangkaian setengah gelombang tpi menggunakan 2 trafo gmana caranya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel