-->

Ground Bridge OCL Minimalist

Setelah Sekian lama Saya tidak update dikarenakan sudah mulai sibuk dengan pekerjaan ,Pada kesempatan hari libur kali ini saya sempatkan untuk membahas sedikit tentang driver Ground bridge dan mem bagikan sebuah layout driver Minimalist OCL Ground Bridge sebagai contoh nya.

OCL Ground Bridge

Ground bridge yang kita bahas kali ini bukan ground bridge Bil up seperti skema GB nya Crown, tapi Ground Bridge class AB yang sytem kerja nya  mengadopsi dari system Ground Bridge nya CROWN.

Layout yang nanti nya saya bagikan juga saya design berdasarkan dari gambar skematik yang di buat oleh saudara kita yg Bernama Master "JBE" yg saya kenal di Facebook, berikut ini gambaran system dasar Ground Bridge nya  Crown yang beliau bikin:


Apa si yang di maksud driver GROUND BRIDGE Cloningan class AB?, Terus apa beda nya dengan driver class AB  lainya ?, jujur saja' untuk jawaban dari pertanya'an tersebut saya sendiri belum memahami sepenuh nya tentang driver Ground Bridge seperti ini, tapi setelah sekian lama nyimak postingan postingan di group facebook yang membahas tentang driver cloningan ground bridge, saya bisa menyimpulkan ada beberapa perbeda'an antara driver cloning ground bridge dengan driver clas AB pada umum nya, berikut ini perbeda'anya.

1. Perbeda'an yang ketara jelas ada pada suply nya yang singgel (+)dan (-) saja tanpa ada nya CT, sobat semua pasti nya tau kalo rata rata driver class AB seperti OCL dengan penguat sepasang transistor final hampir semuanya menggunakan supply simetris (CT)

2. Perbeda'an lainya adalah driver ground bridge ini terdiri dari 2 bagian driver' yaitu Hi Side sebagai out speakr (+) dan Low side sebagai out speaker (-) nya, jika kita amati skema driver ground Bridge cloningan ini sekilas mirip dengan driver yang di BTL, tapi antara BTL dan ground Bridge ini perbeda'anya sangat jauh, perbeda'anya terletak pada bagian  speaker (-) nya, untuk driver BTL out speaker (-) menggunakan out driver biasa tanpa modif/driver utuh' hanya di balik fase nya menjadi 180° dengan menggunakan kit BTL ataupun resistor sbagai pembalik fase nya, sedangkan driver ground Bridge cloningan ini out speaker bagian (-) merupakan ground aktif, yaitu gabungan antara ground dari ACC dan out aktif transistor final dari 1 driver yang sudah dimodifikasi sedemikain rupa sampai menjadi bagian yang di namakan Low Side nya. 

Kelebihan Driver Ground Bridge Cloningan

Menurut pendapat teman-teman yang sudah biasa merakit driver ground Bridge cloningan Class AB ini hasil suaranya lebih bertenaga di banding driver standar ,bass berasa lebih nonjok di banding driver biasa sebelum di ground bridge, perubahan hasil suara  ini terjadi karena out speaker (-) menggunakan ground aktif, maka  frekuensi setiap nadanya menjadi lebih open atau melebar, driver ground bridge cloningan class AB ini juga katanya lebih aman pada speaker di banding dengan BTL yang katanya rawan menjebolkan speaker, karena  pembacaan beban ohm speaker pada driver GB dan BTL  berbeda,untuk Ground Birdge beban speaker 8 ohm + 8 ohm pararel pembacaan beban nya tetap 4 ohm,  sedangkan BTL pembacaannya menjadi 2 ohm untuk metode yang sama.

Bagi sobat yang merasa penasaran dengan driver ground bridge cloningan seperti yang sedang di bahas ini, sobat bisa coba merakit sebuah layout yang akan saya bagikan nanti di akhir postingan, driver MINI OCL GROUND BRIDGE  ini hanya sebagai contoh, nanti nya sobat bisa ngembangin sendiri untuk meng Ground Bridge pake driver lain yang kelas balap supaya hasil nya lebih MANTAP Karena skema driver Ground Bridge yang saya bagikan  sebagai contoh ini hanya menggunakan skema OCL yang di minimalist, berikut ini gambar layout dari driver MINI OCL GROUND BRIDGE 

Untuk proses perakitan sebaik nya di lakukan secara bertahap supaya hasil nya lbih bagus, tahap perakitanya adalah:

1. Rakit dulu driver bagian kiri ya itu bagian Hi Side nya (bagian kanan di kosongkan semua) , driver bagian kiri ini merupakan driver Class AB biasa yang bisa di suply menggunakan suply CT.

2. Setelah sobat sudah selesai merakit driver bagian kiri/Hi Side nya, sobat bisa test suara driver nya menggunakan suply CT, cara pemasangan suply CT ke driver nya adalah

  • (+) dari Psu masuk ke DC + pada driver
  • (-) dari PSU masuk ke DC 0 pada driver
  • CT pada PSU masuk ke titik ground sebelah titik input.

jika di suply CT hasil suara nya sudah normal' sobat seting dulu bias & DCO sampai bagus

3. Setelah driver bagian kiri sudah normal & bagus bias & DCO nya, sobat tinggal lanjut merakit driver bagian kanan/Low Side nya

4. setelah driver kanan sudah selesai di rakit, sobat bisa langsung mencoba hasil nya, namun perlu sobat ingat !!!, setelah driver kanan selesai di rakit, pemasan PSU harus di rubah menggunakan PSU non CT (+ & 0) saja, untuk skema PSU nya bisa sobat lihat gambar nya di bawah ini

5. Jika bagian hi side di tes sudah jernih tapi setelah di Ground bridge suara jadi tidak jernih, misal nya ( serak, over, final panas sebelah dll ) maka langkah untuk memperbaiki nya adalah :

  • Cek point pada titik 1/2 VCC, letak nya ada di pertemuan antara Resistor 33k/2watt pada driver sebelah kanan/lowside, 1/2 VCC tersebut harus imbang dengan nilai setengahnya suply dari PSU yang di pakai, misal nya PSU nya memakai 70VDC, maka 1/2VCC tersebut harus bernilai 35VDC, untuk Cara cek nya tinggal sobat tempelkan 1 probe Avo pada titik tengah pertemuan resistor 33k/2watt , sdangakan 1 probe Avo nya lagi di tempelkan ke VCC (+) dan (-), jika nilai nya tidak se imbang' maka sobat harus menaikan atau menurunkan nilai resistor 33k/2 watt sampai seimbang dengan nilai 1/2 dari suply PSU nya
  • Apabila cek point 1/2 vcc nilai nya sudah imbang tapi masih terjadi osilasi yang menjadikan suara masih terap tidak jernih, maka langkah selanjut nya sobat tinggal otak atik nilai Resistor 220ohm & 10k pada ke 2 basis Transistor kecil di bagian lowside nya , letak nya di atas & di bawah transistor kecil. 

Untuk karakter suara nya saya rasa masih flat karena menggunakan resonasi standar, saya sendiri belum bisa menyimpulkan hasil suara nya secara pasti karena saya sendiri belum mencoba merakit driver ground bridge kloningan class ab seperti ini, teman-teman pastinya bertanya tanya Kenapa saya bisa membagikan layout ground bridge ini sedangkan saya belum mencobanya, jawabannya adalah karena yg trial layout ini adalah orang lain dan orang tersebut menyatakan bahwa hasilnya sukses & bagus.

Bagi sobat yang penasaran pengin mencoba Mini OCL Ground Bridge ini, silahkan sobat download file pdf nya di bawah ini

File layout di kemas berformat .zip, Setelah terdownload' extrak file nya terlebih dahulu supaya terbuka isi file pdf di dalam nya, print & fotocopy file nya dengan ukuran kertas A4.

Mohon berikan review hasil suara bagi sobat yang sudah sukses merakit !, misalnya sobat mengalami kendala atau masalah dalam proses perakitan, silahkan sobat tanyakan di kolom komentar !!

Bagi sobat yang suka dengan driver yang berkarakter LowSub, bisa sobat berkunjung kembali pada post selanjut nya yang Ground Bridge nya menggunakan gain Bostrap

14 Responses to "Ground Bridge OCL Minimalist"

  1. Ditunggu lagi kreasi² nya mas.. salam dari bandung nyimak terus 🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kreasi layout sebetul nya banyak yg baru, sayang nya ke halang tidak bisa selalu trial buat masti'in hasil nya fix atau tidak nya.

      Delete
  2. Mas tanya
    1, layout ini pake trafo 20a CT 32, mapukah untuk angkat speaker 15"X2 untuk out door
    2. Kalo untuk merubah karakter jadi midhi apa yang harus dirubah
    3. 1 trafo di pakai 2 kit bisa apa tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.mampu mas, kalo GB main setengah gelombang ngambilnya 32v & 32v nya =64VAC, CT trafo jangan di pake
      2. itu karakter udh flat, bisa buat mid high trgantung seting ACC nya
      3. GB cloningan bisa 2 kit 1 trafo

      Delete
  3. Replies
    1. Lalu masalahnya apa boss klo JBE tmen lu?

      Delete
  4. Mohon Bimbinganya lek. Sy pnya driver nkri bostrap gb,trafo 15a 45 ct, 16 set tshiba c5200 dan 6 bji elco 80/10000 uf.utk hsil maksimal dan aman,sbaiknya disuply brpa vac dan pake final brpa set per side lek. Trm ksih sblumnya lek.

    ReplyDelete
  5. Saya nyoba tpi dco.nya naik terus penyebab.nya apa ya

    ReplyDelete
  6. Mohon maaf ms ikhin ada yg mau sya tanyakan mengenai versi GB ini apa eveknya jika 33k/2w diganti 10k/2w baru imbang ms
    Apa ada efek untuk yg lain ms

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga masalah mas, itu hanya R pembagi tegangan untuk basis In +

      Delete
  7. mas..tanya..itu r filter vcc yang 100 ohm biasa utyk ocl dihilangkan ya...soalnya saya buat pake 90 ac..r itu panas bagian low sidenya...sampai kebakar..panasnya ngikutin amplitudo output...mohong pencerahanya

    ReplyDelete
  8. Asalamualaikum mas ikhin ...saya dari cianjur karya nya bagus sudah saya coba mini ocl gn nya pake speker 18inc main 4ohm suplay di 70vcc ..hasilnya mantap terimakasih ....masih saya tunggu karya selanjutnya ......

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel