-->

Cara Mengatasi Susah Tidur atau Imsomnia


Assalamu Alaikum wr.wb


Setelah sebelumnya saya membagikan cara seputar elektronik' pada kesempatan kali ini saya mau berbagi cara mengatasi susah tidur atau imsomnia.

Apakah Anda berjuang untuk tidur tidak peduli seberapa lelahnya Anda? Atau apakah Anda bangun di tengah malam dan berbaring berjam-jam dengan cemas menonton jam, atau merasa lelah sebelum memulai hari Anda? Kemungkinannya adalah Anda menderita insomnia. Insomnia memakan energi, suasana hati, kesehatan, dan kemampuan Anda untuk berfungsi di siang hari.

Insomnia bervariasi dalam berapa lama berlangsung dan seberapa sering itu terjadi. Ini bisa bersifat jangka pendek (insomnia akut) atau jangka panjang (insomnia kronis). Itu juga bisa datang dan pergi, dengan periode waktu ketika seseorang tidak memiliki masalah tidur. Insomnia akut dapat berlangsung dari satu malam hingga beberapa minggu, sedangkan insomnia kronis berlangsung setidaknya selama tiga malam dalam 1 minggu selama sebulan atau lebih.

Insomnia adalah gejala dari masalah yang mendasarinya. Ini bisa menjadi penyebab terlalu banyak minum kafein di siang hari atau dapat dikaitkan dengan masalah yang lebih kompleks seperti penyakit atau obat-obatan, atau hanya menjadi hasil dari perasaan kelebihan beban dengan tanggung jawab hidup.

Berita baiknya adalah sebagian besar kasus insomnia dapat disembuhkan dengan perubahan gaya hidup - tanpa bergantung pada spesialis tidur atau beralih ke resep atau pil tidur yang dijual bebas.

Berikut ini beberapa tips tentang cara mengatasi insomnia:


- Pastikan kamar tidur Anda tenang, gelap dan sejuk.
Tetap pada jadwal tidur yang teratur. Dukung jam biologis Anda dengan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan, bahkan jika Anda lelah. Ini akan membantu Anda untuk kembali ke ritme tidur yang teratur.


- Hindari tidur siang.
Jika Anda merasa harus tidur siang, batasi hingga 30 menit sebelum jam 3 sore.
Tinjau obat Anda. Beta-blocker (diresepkan untuk tekanan darah tinggi) dapat menyebabkan insomnia; begitu juga SSRI (kelas antidepresan). Tuliskan setiap obat dan suplemen yang Anda gunakan dan minta dokter Anda mengevaluasi dampaknya terhadap tidur Anda.


- Berolah raga, tetapi tidak dalam waktu empat jam sebelum tidur. Berolahraga terutama kardio meningkatkan panjang dan kualitas tidur Anda.30 menit latihan yang kuat membuat suhu tubuh Anda meningkat selama sekitar 4 jam akan menghambat tidur, Namun ketika tubuh Anda mulai menjadi dingin, itu memberi sinyal pada otak Anda untuk melepaskan melatonin yang menyebabkan Anda mengantuk.


- Kurangi kafein setelah jam 2 siang.
Kopi, teh, dan coca-cola adalah stimulan yang bertahan dalam sistem Anda selama sekitar delapan jam. Jadi mengkonsumsi cappuccino sebelum tidur akan mencegah otak Anda memasuki tidur nyenyak atau mencegah Anda tertidur sama sekali.

- Jangan bawa air ke tempat tidur.
itu pemicu bagi tubuh Anda untuk bangun untuk minum.

- Tuliskan kesengsaraan Anda.
Tidak bisa menenangkan pikiran Anda? Untuk menenangkan kekhawatiran yang mengerikan, catat kekhawatiran Anda dan langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menyelesaikannya. Setelah masalah Anda diubah menjadi semacam rencana aksi, Anda akan lebih mudah beristirahat.

- Camilan keju dan kerupuk.
Camilan malam hari yang ideal menggabungkan karbohidrat dan kalsium atau protein yang mengandung asam amino triptofan - penelitian telah menunjukkan bahwa kedua kombinasi ini meningkatkan serotonin yang membantu Anda merasa tenang.

- Nyalakan white noise.
Suara menenangkan tingkat rendah akan membantu Anda menghilangkan gangguan dan membantu Anda tertidur dan tetap tertidur; misalnya memutar musik yang menenangkan.

- Luangkan waktu untuk bersantai.
Berikan waktu pada tubuh Anda untuk beralih dari hari yang aktif ke kantuk sebelum tidur dengan menyikat gigi sebelum tidur, menyiapkan pakaian untuk hari berikutnya atau membaca.

- Hindari teman tidur yang berbulu.
Lebih dari separuh orang yang tidur dengan hewan peliharaan mereka mengatakan hewan mereka mengganggu tidur mereka.
Hindari menggunakan tempat tidur Anda untuk apa pun selain tidur atau seks.

- Matikan perangkat Anda seperti televisi atau gadget satu jam sebelum tidur agar otak Anda bisa tenang.

Jika Anda telah mencoba semua perubahan gaya hidup di atas dan masih tidak bisa tidur dengan benar, hubungi praktisi kesehatan Anda untuk nasihat tentang pengobatan insomnia.

Informasi tentang Bantuan Medis Fedhealth hanya untuk tujuan pendidikan, dan tidak dimaksudkan sebagai nasihat medis, diagnosis, atau perawatan. Jika Anda mengalami gejala atau memerlukan nasihat kesehatan, silakan berkonsultasi dengan profesional kesehatan.


Demikian yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfa'at bagi sobat semua.

Wassalamu Alaikum wr.wb

0 Response to "Cara Mengatasi Susah Tidur atau Imsomnia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel