-->

Penyebab & Solusi Amplifier Rakitan Yang Ber dengung


Setelah kemarin kita membahas masalah cara menghilangkan bunyi jedug sewaktu On/Off power Amplifier , pada kesempatan kali ini saya akan membahas masalah Suara dengung pada power amplifier .


Dalam merakit Power Amplifier sering terjadi masalah, salah 1 nya adalah suara dengung,suara dengung ini sangatlah mengganggu sewaktu Volume di kosongin' terlebih lagi jika di dengarkan swaktu malam hari . masalah suara dengung pada Power Ampilifier banyak faktor penyebab nya , jadi untuk mengetahui solusi nya adalah kita harus mencari mencari penyebabnya terlebih dahulu.

Marilah kita bahas dari mana asal mula gangguan dengung pada amplifier yang kita rakit.

1. Power Supply
Penyebab yang paling sering terjadi pada amplifier rakitan berdengung  adalah  power Supply. lain halnya jika kita menggunakan supplay switching. Jika kita menggunakan supply switching kita tidak perlu khawatir jika suara yang dihasilkan berdengung , karena modul supply switching tersebut sudah dipastikan kualitasnya oleh pabrik yang memproduksinya, kecuali kita menggunakan supply switching yang tidak bermerek.
Dibawah ini penjelasan jika kita merakit supply sendiri menggunakan trafo biasa.

Dalam merakit power supply memang harus teliti dalam menggunakan elco, elco mempunyai peranan yang sangat penting dalam meratakan arus yang keluar dari dioda penyearah, jika arus yang keluar dari elco belum benar-benar rata, akan mengakibatkan suara dengung pada amplifier yang kita rakit, jadi pastikan jumlah elco sudah sesuai dengan daya yang dikeluarkan trafo. Karena jika salah menghitung selain dengung bisa juga elco tersebut panas dan mengakibatkan kerusakan pada komponen lainya. Disamping itu dioda juga berperan penting dalam meyerahkan arus AC yang keluar dari trafo.

Dalam merakit supplay sebaiknya menggunakan dioda bridge dirangkai full rectifier.
Jangan menggunakan satu dioda untuk menyearahkan arus AC, karena pasti akan menghasilkan suara dengung pada amplifier dan juga berlaku untuk semua perangkat audio  yang mengeluarkan suara.

2. Kabel Input
Peran utama kabel input adalah menyalurkan sinyal dari sumber input. Kabel yang bagus untuk input audio adalah kabel yang memiliki serabut tembaga yang dilindungi oleh ground.
Untuk mengetahui kabel rusak atau tidak yaitu dengan cara menyentuh pada bagian isolator/plastik. Jika pada bagian isolasi disentuh ada dengung maka kabel tersebut buruk sangat rawan terhadap gangguan frekuensi liar dan juga sumber input tidak tersalurkan secara sempurna.
Kabel input juga usahakan jangan terlalu dekat dengan trafo, karena trafo menghasilkan elektromagnetik yang akan mengakibatkan suara denggung pada amplifier jika terlalu dekat.

3. Tone Control
Tone control sangat berperan dalam hal gangguan dengung, karena sumber pengolahan audio diproses melalui tone control. Terutama pada bagian potensio. Karena disini audio sering terganggu terutama pada bagian bass. Jika pada speaker aktif anda belum menggroundkan body potensio maka perlu untuk digroundkan terlebih dahulu, sebelum menginjak ke bagian lainnya. Dengan cara menghubungkan semua  body potensio dengan ground.

Jika kita merakit Ampli yang wattnya besar sekitar 2000 Watt maka bagian tone control ini dihiraukan saja, karena dengan Watt yang sebesar itu trafo akan menginduksi tone controlnya, dan setahu saya amplifier dengan daya 2000watt tidak pernah menggunakan tone control,  hanya body potensiometer pada volume saja yang digroundkan.

4. Box Amplifier
Sebenarnya pada bagian box amplifier mempunyai peranan yang penting. Usahakan memilih box amplifier yang terbuat dari aluminium  atau besi, karena box ini bisa menjadi ground yang akan berfungsi untuk meniadakan elektromagnetik yang keluar dari trafo.
Penyambungan dari ground supply harus pas letaknya jika akan menyambungnya ke box amplifier yaitu harus pada CT elco supplay.

5. Modul power amplifier
Penyebab paling sering adalah bocoran arus DC ke output speaker amplifier. Komponen yang rusak atau bocor adalah komponen aktif seperti , transistor dan ic. Bagi yang menggunakan transistor sebagai penguatan akhir yang perlu di teliti lebih intensif adalah transistor final, transistor driver ,dioda bias.
Sedangkan bagi yang menggunakan IC coba cek terlebih dahulu output pada amplifier menggunakan multiester disetel pada posisi volt meter dc . Jika terukur ada arus DC maka ganti ic.

6. Pengaturan Ground yang salah.
Sebagian Orang sering menganggap masalah grounding ini sepele, padahal jika salah menempatkan kabel ground bisa mengakibatkan suara jadi berdengung. Berbeda dengan amplifier yang sudah jadi. Pada amplifier yang sudah jadi mereka melakukan tahapan untuk mencari solusi yang disebut riset.

salah dalam menempatkan ground paling rawan menghasilkan dengung,biasanya ground yang bikin dengung apabila dalam 1 rangkain terdapat ground yang doubel atau ground yang memutar,1 PCB terdapat 2 kabel ground yang menuju ke PCB yang beda2 juga bisa mengakibatkan dengung, solusi nya adalah dengan cara menggunakan 1 titik grounding pada PSU.


Jika masalah di atas sudah kita teliti satu per satu, nanti nya kita bisa mengatasi masalah dengung nya setelah kita mengetahui bagian mana yang menyebabkan suara dengung pada power amplifier kita.


demikian lah sdikit penjelasan dari saya, kita jumpa lagi di lain kesempatan dengan tips2 yang lain nya.





0 Response to "Penyebab & Solusi Amplifier Rakitan Yang Ber dengung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel