-->

Apa Yang Di Maksud Mono Dan Stereo

apa yang di maksud mono dan stereo


APA YANG DI MAKSUD MONO DAN STEREO ?
Kata Mono atau stereo pasti sering kita lihat di body Box Audio elektronik seperti,  Radio, Power Amplifier, speaker Aktif atau perangkat audio elektronik yang terpajang di toko toko elektronik.
Lantas Apakah yang di maksud kata mono dan stereo dari kata diatas?

Kata Mono dan Stereo adalah system sbuah audio yang terdapat pada mesin elektronik,

YANG DI MAKSUD MONO

Sistem audio pada awalnya hanya terdapat satu saja yaitu Audio mono.
Pada audio mono hanya terdiri dari satu jalur audio saja. Amplifier, radio, serta perangkat audio  ponsel jaman dahulu kebanyakan menggunakan sistem mono pada audionya, contohnya adalah pada radio jadul yang memakai baterai, Audio mono rata rata cuma menggunakan satu buah speaker sbagai pengeras suara.

Pada audio Mono sobat tidak akan pernah menjumpai yang namanya lagu karaoke' walaupun audio mono nya terdapat 2 buah speaker, keluaran Suara speaker satu dan lainya akan tetap sama karna
pada audio mono hanya terdiri dari satu jalur saja, jalur tersebut hanya di cabang di pecah jadi 2 sehingga ada jalur L (kiri) dan R (kanan) namun audio tersebut tetaplah mono.

YANG DI MAKSUD STEREO

Stereo adalah sistem audio yang menggunakan 2 jalur berbeda Yaitu L dan R.
Pada audio stereo terdapat jalur terpisah secara sendiri-sendiri antara Speaker L dan Speaker R serta menggunakan penguat terpisah.

Audio stereo menyesuaikan dengan telinga manusia karena pada dasarnya telinga kiri dan kanan memproses suara yang berbeda,

jika sobat memutar audio stereo maka sobat akan mendengarkan efek musik yang terdengar saut sautan,  suara bisa bergerak dari kiri (L) ke kanan (R), dengan audio yang stereo kita juga bisa mendengarkan yang nama nya lagu karaoke,  speaker bagian L (kiri) terdengar hanya musik saja 'sedangkan speaker yang R (kanan) terdapat musik &  vocal si penyanyi.

Yang perlu diingat adalah Untuk memunculkan efek pada sistem stereo semua peralatan dari input sampai output harus stereo termasuk input musik yang diputar

Intinya adalah jika ingin menggunakan sistem stereo semua peralatan juga harus stereo,mulai dari file mp3 stereo, tone control, Power Ampli &  speaker pun harus stereo.


0 Response to "Apa Yang Di Maksud Mono Dan Stereo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel