-->

Penata'an Ground Start Grounding


Apa yang di maksud start grounding?

Star Grounding adalah metode penyusunan Ground dalam pembuatan rangkain audio,yang mana Groundnya bertumpuk pada satu titik,baik itu di PCB Power Ampli, PCB preamp (tone control, galaxy, gigabass, dsb),rangkain tersebut akan tersusun di dalam sebuah Amplifier.

Manfaat metode start grounding adalah
untuk mengurangi dengung, humm, atau nois pada suatu rangkaian audio,
Karena star grounding dapat menetralkan sinyal-sinyal liar pada masing masing komponen, jika PCB tidak menggunakan star grounding, sinyal-sinyal tadi dari komponen-komponen tersebut dapat menginduksi jalur lain (terutama jalur sinyal audio) dan buruknya, sinyal-sinyal liar tersebut ikut dikuatkan oleh amplifier bersamaan dengan sinyal audio dari sumber, maka timbullah dengung pada speaker.

Di bawah ini adalah contoh penerapan system start grounding pada layout PCB power amplifier dengan sistem star grounding yang baik.


Brikut ini adalah cara penerapan start grounding pada rangkain Amplifier plus ACC nya yang tergabung dalam 1 Box & 1 trafo.
Pengambilan Ground untuk speaker, driver amplifier, ACC seperti Tone Control, galaxy, modul mp3 dan lain lain yang tersusun dalam 1 Box & 1 Trafo' harus langsung dihubungkan ke CT Pada power supply, Hal yang sama perlu anda lakukan juga pada Suply VDC (+) dan (-) pada smua modul , semua nya harus mengambil satu titik langsung dari Elko power supply, termasuk body box pun harus langsung diambil dari titik ini, untuk lebih jelas nya bisa sobat lihat gambar di bawah ini
start grounding

Jalur warna orange pada gambar merupakan gambaran jalur ground system start grounding.

Mungkin sobat yang belum paham tentang grounding pasti merasa heran &  bertanya seperti ini :
kenapa harus di bikin kaya gitu?
kanapa ground dari tone ngga ngambil dari ground driver saja?
atau ground galaxy ngambil dari ground Tone Control saja ?, kan jalur nya sama saja.

Awal dulu saya baru kenal elektronik pun saya berpikiran seperti itu, menyambung kabel ground sesuka hati, ngambil ground di seri dari kit 1 ke kit yang lainya, penyambungan ground di seri seperti yang dulu saya lakukan akan menghasilkan ground Memutar yang berefek dengung,  terutama pada Power Ampli yg menggunakan 1 Trafo 2 PSU,  1 PSU -+32VAC untuk driver &  1PSU 15VAC untuk suply control.

Berikut ini Contoh pemasangan ground yang salah yang mengakibatkan dengung karna Ground nya  memutar

- Ground dari PSU ke Driver
- Ground dari PSU ke Galaxy
- Ground dari Galaxy ke Tone Control
- Ground dari Tone Control ke Driver

pemasangan ground memutar seperti ini  tanpa kita sadari bisa juga terjadi melalui baut penyangga PCB yang terhubung ke body box atau melalui body potensio,  body socket mic & socket2 yang lain nya,
Sebagai  Contoh:

- Body Box sudah di aliri ground dari PSU
- Tone Control di aliri ground dari PSU
- Body Potensio di aliri ground dari Tone control,
jika body potensio nempel ke body box maka akan terjadilah ground yang memutar,  solusi nya ya ground Body box nya kita cabut supaya ngga terjadi ground memutar, karna ground body box nya sudah teraliri  ground dari body potensio.

Kasus ground memutar yang saya contohkan di atas masih minim dengung pada rakitan power & ACC yang pisah box &  pisah trafo,  tapi untuk rakitan Power & ACC yang masih 1 box & memakai 1 Trafo di rangkai 2PSU CT sangatlah rawan dengung,  pada driver & ACC tertentu ada yang ngga begitu berpengaruh dengan pemasangan ground yg asal asalan, tetapi pada kenyata'anya banyak yang mengalami masalah dengung ataupun nggereng jika tidak menerapkan system start grounding.

Sa'at ini setelah saya menerapkan system start grounding ' tiap kali ngerakit power Ampli hasilnya bisa jernih tanpa ada dengung karna efek dari salah dalam penata'an ground.

Demikian sedikit tips &  sedikit cerita pengalaman yang pernah saya alami,  smoga bisa bermanfa'at juga buat sobat semuanya.

4 Responses to "Penata'an Ground Start Grounding"

  1. Jika power dan acc jadi satu bok dan ground semua ambil dari ct yg ada di power suply , terus untuk uotput ke input dari acc yg ada sampek ke power itu pake ground apa tidak ? krna kaber out ke in tsb sudah pasti pake kabel skrem .. mohon penjelasannya terima kasih

    ReplyDelete
  2. kalo ACC & power sudah pisah box & pisah PSU ya tetap nyambung ground lewat kabel skrem mas

    ReplyDelete
  3. Kalau misal jadi satu box gimana pak 🙏

    ReplyDelete
  4. Gan,saya merekit power jenis safari dg trafo 10A murni 45v ct dan elco 47000uF 100v dua biji , klu suara sdh sedikit oky tapi begitu ku sambungkan ke parametrik c40 di speaker ada dengungan klu lagu selesai dan saya mohon bantuan nya gan utk mengatasinya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel