-->

Cara Mengatasi Mata Solder Menghitam

Bagi sobat yang hobi merakit atau Tuser (Tukang Service)  elektronik, pasti keseharianya selalu memegang solder,  karna tanpa solder aktifitas merakit atau menservice elektronik tak mungkin bisa di kerjakan,
TIADA HARI TANPA SOLDER itulah semboyan yang cocok bagi para Tuser elektronik.

Dalam kegiatan menservice atau merakit elektronik,  ada berbagai macam masalah yang selalu bikin jengkel sewaktu merakit elektronik,  salah satu nya adalah masalah pada mata solder yang menghitam,  efek dari menghitam nya mata solder akan berakibat buruk pada  hasil solderan, bahkan bisa menimbulkan rasa jengkel, gimana tidak jengkel..... pasalnya mata solder yg menghitam akan membuat timah susah meleleh &  membuat hasil solderan menghitam,  untuk itu pada kesempatan kali ini akan saya bagikan tips untuk mengatasi masalah mata solder yang menghitam.

Cara membersihkan mata solder yang menghitam sebenar nya sangat lah banyak,  akan tetapi cara yang akan saya bagikan yang menggunakan bahan bahan yang rata rata tiap rumah tersedia,  jadi sobat cukup memanfa'atkan barang barang yang sudah tersedia di rumah.

Untuk bahan &  cara cara membersihkanya,  silahkan sobat simak langkah langkah nya di bawah ini !

berikut ini alat alat yang bisa kita gunakan:

1. Kardus/kertas

Cara ini cara yang paling gampang dilakukan dan untuk bahannya pun pasti tersedia di hampir semua rumah,cara membersihkanya yaitu:
dalam kondisi mata solder yang panas, tancapkan mata solder yang menghitam ke kardus sambil di tarik dan di masukan lagi berulang kali sampe bersih atau bisa juga di tancapkan dan di putar-putar,sedangkan kalo menggunakan kertas,  caranya remas kertas sampe membulat & langsung lap kan saja kertas nya ke mata solder yang menghitam tersebut.

2. Kuas

Selain untuk mengecat, kuas ini bisa juga untuk membersihkan mata solder yang hitam, caranya sama panaskan dahulu soldernya kemudian setelah panas silahkan di kuas mata soldernya sampai bersih.

3. Serabut stainles pencuci perabotan.


Serabut stainles pencuci perabotan juga rata rata tiap rumah mempunyai,  karna sangat penting bagi ibu rumah tangga untuk mencuci perabotan seperti panci, wajan & perabotan lainya, serabut ini juga bisa untuk membersihkan mata solder yang menghitam,
caranya sama seperti di atas,  dalam kondisi mata solder yang panas, tusuk tusukan mata solder yang menghitam ke serabut nya,  atau gosokan langsung perlahan lahan serabut stainles nya ke mata solder nya.

Sebetulnya masih banyak lagi cara-cara untuk mebersihkan mata solder yang menghitam dan seperti yang saya sebutkan di atas tadi mungkin para Tuser sudah mempunyai cara tersendiri untuk mengatasi atau membersihkan mata solder yang menghitam.
kiranya cukup sekian dulu pembahasan kali ini tentang cara membersihkan mata solder yang menghitam ,kita jumpa lagi lain kesempatan di post selanjutnya

Semoga bermanfaat.

2 Responses to "Cara Mengatasi Mata Solder Menghitam"

  1. I really appreciate your clear posts
    . Having seen your blog for the first time, I really like it. I will probably become a regular reader of your blog. Your writings are great. Thanks for sharing with us.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel