-->

Layout SMPS Gacun


LAYOUT SMPS GACUN

layout smps gacun

Power suply atau trafo merupakan jantung utama dalam sbuah rangkain power amplifier, selain transistor final' nilai Amper & Volt dari trafo lah yang menentukan kemampuan watt yang di hasilkan sebuah amplifier, semakin besar watt sebuah ampli akan smakin besar juga Amper & Volt trafo yang di butuhkan,
akan tetapi semua penghobi atau perakit Amplifier di jaman sekarang ini pastilah merasakan mahal nya harga Trafo kotak atau trafo toroid yang semakin lama semakin melambung. Bahkan terakhir kali saya merakit amplifier rumahan pun sampe mangkrak tidak kunjung selesai  karena terkendala kurang dana kisaran 500-600ribuan buat beli elko & trafo kisaran 10Amper yang saya butuhkan.

Dalam kondisi seperti ini terlintaslah di pikiran saya untuk belajar membuat SMPS sabagai alternatife, karna merakit sebuah SMPS cukup dengan modal yang sedikit, bahkan bagi sobat yang di tempat servisanya berserakan rongsokan TV pasti akan sangat lah mudah merakit sbuah SMPS karna rata2 komponen SMPS banyak sekali terdapat di sebuah rongsokan TV.

Untuk tahap awal saya belajar merakit SMPS' saya mencari info dengan cara masuk ke group2 Facebook yang membahas tentang SMPS, di dalam group banyak sekali post2 yang menganjurkan bagi para pemula seperti saya untuk merakit SMPS GACUN sebagai tahap awal buat belajar.

Setelah saya mendapatkan skema & mengamati layout SMPS gacun ternyata memang terlihat sangat simpel, dengan bermodal komponen
- Modul gacun TV 29"
- NTC 
- 1 dioda bridge & 2 Dioda Ultrafast 10-15A
- Emi filter
- 2 Milar 100N 400v
- 1 Elko Primer 220uf/450v 
- 2 elko sekunder 1000uf/80v
- 2 elko sekunder 470uf 25v
- Trafo Ferit bekas TV + kawat tembaga
- IC Optocoupler 817
- IC 7812/7819
- Beberapa biji Resistor & zener
Dengan komponen minim tersebut kita bisa membuat SMPS GACUN yang bisa menghasilkan 5-7Amper dengan keluaran volt semau kita, yang mana jika kita membeli Trafo 5A murni & elko nya saja bisa menghabiskan dana kisaran 500ribuan, tapi dengan merakit SMPS GACUN kita cukup membeli modul gacun & selebihnya bisa memanfa'atkan barang2 bekas dari rongsokan TV, jika sobat tidak mempunyai rongsokan TV seperti saya' modal yang di keluarkan pun tidak sampe 150ribu buat membeli komponen2 nya.

Karena saya beli komponen nya via online'  Sambil menunggu komponen datang
Iseng iseng saya nglayout  SMPS GACUN dari skema yang saya dapat, setelah layout jadi PCB & komponen datang langsung saya rakit.

Dengan bermodal nonton video di youtube & bertanya kepada teman yang sudah ahli, Proses rakit pun akhirnya selesai,

Tes colok listrik langsung Fix tanpa kendala & keluar tegangan 60VDC, walaupun daya yang di hasilkan belum jelas keluar berapa Amper (karna belum punya alat buat nge load nya) ,tapi saya coba buat suply power stereo 2 set sanken per chanel ternyata tidak drop buat ngangkat speker 12"x2 main 2 ohm, Rentetan Elko ngga terpakai FET tanpa pasang heatsink cuma anget buat geberan.
Baru sukses rakit SMPS yg simpel seperti gacun aja rasanya hati ini sudah senang,
karna dengan modal yang minim bisa menghasilkan daya power suply setara trafo kotak 5-7A yang harga nya mahal, dulu saya sempat ragu akan daya tahan SMPS,tetapi setelah mencoba rakit sndiri & mencoba nya langsung rasa itu berubah seketika mnjadi rasa nyesek karna dulu beli trafo kotak yang mahal , akhirnya sekarang jadi kpengin belajar ke tingkat selanjutnya seperti SMPS SOS yg menghasilkan daya yang lebih besar.

Bagi sobat yang membaca curhatan saya di atas & punya rasa tertarik, sobat bisa mencoba merakit nya juga, karena pada post kali ini selain saya curhat juga akan membagikan LAYOUT SMPS GACUN yang sudah sukses saya buat. Berikut ini gambar layout atas dari LAYOUT SMPS GACUN nya.
Layout sudah saya sertakan suply extra 12v CT sebagai suply Tone Control dll, sedangkan besar nya out DC  inti tergantung  jumlah lilitan & nilai zener yang kita terapkan.

Jika sobat  berminat ingin mendownload layout karna pengin mencoba merakit nya ' saya sarankan sobat baca baca dulu dengan detail !
CARA DOWNLAOD FILE DI WEB SAFELINKU supaya tidak kesusahan dalam proses mendownload file nya, karna saya amatin banyak yang belum paham cara download file di web saflinku.

setelah sobat paham cara download nya, silahkan sobat download file layout nya di bawah ini :

DOWNLOAD LAYOUT SMPS GACUN

Hargailah kreasi orang lain !!, Mohon untuk tidak re upload hitam putih layout ke FB ataupun re upload file pdf nya ke web lain !

Pilih salah satu server download yang lebih mudah, File download berformat .zip, setelah terdownload klik &  extrak terlebih dahulu menggunakan apps file manager bawa'an HP sobat, lalu print file png dengan ukuran yang sudah tercantum pada layout atas PCB nya.

Untuk pembahasan secara detail seputar cara merakit &  cara melilit trafo nya bisa sobat simak post selanjut nya di CARA MEMBUAT SMPS GACUN,
Saya memang baru pertama kali merakit nya, walaupun saya cuma sbatas praktek tanpa alat ukur & teori nya' tapi ngga ada salah nya saya berbagi sesuatu yang saya ketahui semampu saya.

12 Responses to "Layout SMPS Gacun"

  1. panjang dan lebarnya brp ya guru

    ReplyDelete
  2. Mas aq udah ngeprin layout smps.kok tekor ya d papan pcb pasaran yg kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nge print minta di ukur ke tukang print nya, di sesuaikan dengan ukuran layout nya

      Delete
  3. Mau belajar bikin tapi susah donwloadnya sih mas.

    ReplyDelete
  4. Mas ikhin saya suka baca blog anda....trimakasih telah berbagi ilmu dan pengalaman nya

    ReplyDelete
  5. kalo mau nambahin elko dioutnya gimana mas
    apa sama kaya ditrafo kotak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SMPS itu ngga butuh banyak elko, swaktu start malah bisa jebol FET nya kalo beban elko terlalu banyak

      Delete
  6. Mas mau nanya itu yang 47/5wat itu resistor kapur ya,,

    ReplyDelete
  7. untuk ferit utama diganti bekas tv 14 inch bisa nggak master

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel