-->

Layout TDA TEF Bostrap

IC Seri TDA 
merupakan jenis IC Amplifier yang Mini, simpel, mudah di rakit & hasil suara nya jernih, Contohnya TDA seri 2030-2050 'cukup dengan trafo 3-5Amper & tegangan 15-18VAC bisa menghasilkan hifi audio yg jernih & bass nya lumayan.
karena terkenal ke istimewa'anya tersebut lah yang membuat pabrikan speaker aktif & perakit Audio amplifier banyak yabgmenggunakan IC TDA sbagai penguat akhir dalam rakitan Amplifier nya.

Mungkin bagi para sobat yang biasa main power ampli dengan watt besar' kit ampli IC TDA ini berasa kurang maximal & akan di anggurin. Padahal sebenarnya IC seri TDA 2030-2050 ini bisa kita kembangkan menjadi  Driver
Power Ampli yang berdaya Watt besar.
Ko bisa IC TDA yg suply nya cuma kisaran 12-25volt bisa menghasilkan Watt yang besar ??
Penasaran kan sob bagaimana cara nya ??,

Baiklah akan saya coba jelaskan sedikit cara meningkatkan kmampuan Driver IC TDA.
Cara meningkatkan watt IC TDA adalah dengan cara menambah TEF & Transistor final, karna dengan cara ini sobat bisa menaikan suply VCC & bisa memparalel transistor final semau kita, jadi out pada driver TDA kita inputkan ke basis Transistor TEF , sdangkan Resistor 22k yg menuju out TDA yang fungsi nya sbagai Fedback kita cabut 1 kaki & kita pindahkan ke out emitor transistor final, suply 15-24v pada TDA bisa kita pisah dengan suply TEF & Final nya, bisa juga di gabungin pake 1 suply dengan cara suply TDA di hambat pake Resistor & Zener sbagai pembatas atau penyetabil tegangan VCC IC TDA nya.
Jadi Watt driver ini  bisa kita set semau kita dengan memperbanyak transistor final & menaikan Amper & Voltase trafo nya.

Jika sobat belum paham cara menaikan kemampuan IC TDA seperti yang saya paparkan di atas, sobat bisa mendownload layout yang akan saya bagikan supaya sobat bisa merakit & merasakan perubahan driver IC TDA nya.

berikut ini tampilan gambar dari LAYOUT TDA TEF BOSTRAP hasil modifan saya
TDA Bostrap

Untuk karakter TDA dalam driver  ini sudah berubah karakter dari flat menjadi LOW SUB, karna pada bagian resonasi sudah saya tanam GAIN BOSTRAP.
IC bisa menggunakan seri TDA 2030, TDA2040, TDA2050 LM1875 & jenis IC lain yg datashet pin kaki nya sama seperti ini

Perlu sobat catat' kejernihan driver ini tergantung dari kualitas IC TDA nya, karna berdasarkan dari praktek & ujicoba ' saya mencoba memakai 2 IC TDA yang berbeda, yang 1 IC original cabutan mesin speaker aktif hasilnya jernih nada midhigh nya, sedangkan IC yg saya beli murah di toko elektronik hasil suara midhig nya sedikit serak.

Untuk suply VCC baru di tes menggunakan 32VAC, suply bisa di naikan atau di turunkan dengan cara menaikan atau menurunkan nilai Resistor 2k2 2watt
yang menuju ke suply VCC (+) & (-) IC TDA untuk menyesuaikan tegangan yang di pake, Resistor 2k2 2watt perlu sobat sesuaikan dengan suply dari PSU, jadi ukurlah DC yang melewati Resistor tersebut supaya mencapai 15-24VDC mengikuti nilai zener supaya suply IC TDA nya cukup,
sedangkan zener 15v sebaiknya menggunakan yg 1watt ke atas, volt zener lbih bagus lagi di naikan sampe Maximal 24v mengikuti kemampuan IC nya.
Untuk transistor driver & final harus memakai transistor yg high volt apabila mau memakai suply yang tinggi,
Apabila IC TDA nya panas sewaktu tegangan di naikan 'bisa sobat pasang heatsink atau tinggal sobat sesuiakan nilai resistor & volt zener nya sampe panas IC berkurang.

Suply IC TDA juga bisa sobat pisah dari suply Transistor TEF & final dengan maximal 15-18VAC dari trafo, tapi supaya lebih aman cukup pake 15VAC,  jika IC TDA di suply terpisah hasil nya akan lebih bagus lagi, cara menerapkan suply TDA yang terpisah tinggal sobat cabut 2 Resistor 2k2 2watt & zener yg menuju pin kaki  VCC (-)&(+) pada IC TDA, lalu pin kaki VCC pada IC TDA tersebut di sambungkan ke PSU lain yg terpisah kisaran 15VAC dari trafo 2-3Amper, cara ini bisa sobat lakukan apabila sobat merasa hasil suara kurang maximal & merasa ragu akan daya tahan  IC TDA nya jika di suply pake trafo utama yang cuma di hambat Resistor & zener doang.

Bagi sobat yang merasa tertarik pengin coba merakit nya 'sebelum mendownload file saya anjurkan untuk baca baca dulu dengan detail !
CARA DOWNLAOD FILE DI WEB SAFELINKU  supaya sobat tidak kesusahan dalam proses mendownload file nya, karna saya amatin banyak yang belum paham cara download file di web saflinku.

setelah sobat paham cara download nya, silahkan sobat download file pdf layout nya di bawah ini :

DOWNLOAD LAYOUT TDA BOSTRAP SERVER 1
Atau
DOWNLOAD LAYOUT TDA BOSTRAP SERVER 3

Pilih salah satu server download yang lebih mudah, File download berformat .zip, setelah terdownload klik & extrak terlebih dahulu menggunakan apps file manager bawa'an HP sobat, lalu print & fotocopy layout dengan ukuran kertas A4.

Apabila sobat menginginkan driver TDA TEF BOSTRAP ini berkarakter seperti asli nya, bisa sobat download Layout TDA TEF yang tanpa bostrap pada post selanjutnya.

47 Responses to "Layout TDA TEF Bostrap"

  1. Mantap kayaknya, izin coba, kebetulan saya ada tda2050 sing original

    ReplyDelete
  2. Silahkan di coba mas !!, smoga cocok sama karakter LowSub nya.

    ReplyDelete
  3. Ini TDA'ne perlu Heatsink gak om...?

    ReplyDelete
  4. Tanpa di kasih heatsink juga gx apa2 mas, karna suply TDA nya sudah di stabilkan pake zener, tapi jika di rasa panas ya lbh baik di kasih, cukup kasih heatsink kecil saja, Pada layout sudah ada spasi buat naruh heatsink kecil untuk ukuran TDA.

    ReplyDelete
  5. SIPPP,,,,, salam sukses mas ikhin

    ReplyDelete
  6. Bang klau skematik diagram nya punya g?sya lum bisa cetak pcb,jadi pkai pcb bolong soalnya,mklum masih tahap belajar

    ReplyDelete
  7. Ada mas, cuma sengaja tidak saya share skema & layout transparanya, karna cuma akan memudahkan para penjiplak layout

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran berapa itu mas... Saya Mau coba print..

      Delete
    2. Ukuran berapa itu mas... Saya Mau coba print..

      Delete
    3. kalo file pdf tinggal print aja pake kertas A4 mas, saya lupa ukuranya

      Delete
  8. Klu pesen drivernya sampk brp mas. Yg sub low buat 18

    ReplyDelete
  9. Mohon ma'af mas !!, untuk sa'at ini saya belum bisa ngtakit untuk pemesanan driver jadi, di karenakan posisi saya sedang kerja di perantauan

    ReplyDelete
  10. Mas brarti daya yg di hasilkan sama dengan bostrab aslinya mas

    ReplyDelete
  11. daya yg di hasilkan tergantung berapa set final & berapa Amper/volt PSU yg di pake

    ReplyDelete
  12. Mas kok GX ada respon y saya rakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gmn mas. Sdh berhasil kah? Rencana mau buat juga saya.

      Delete
  13. di cek lagi jalur PCB nya, layout udh fix karena sebelum di post sudah di test hasil nya

    ReplyDelete
  14. kalau untuk karakter flat r33k langsung ke kaki 2 tda?

    ReplyDelete
  15. supaya flat sesuai karakter asli TDA, milar 33n sebelah kiri di cabut & di jumper langsung, terus R10k sebelah kanan di cabut(di kosongin) , 2 elko 100uf ganti dengan 22uf.

    ReplyDelete
  16. Mas ikhin suplai tda kok GX mw masuk gimana ini mas saya copot dari tda normal nilai tp pas saya pasang ke tda ,0,01 nilai nya

    ReplyDelete
  17. Misal IC tda saya suplai pake tr regulator 7915 sama 7815 kuat GX mas

    ReplyDelete
  18. kalo ada trafo kecil kisaran 1-2A 12VAC , sbaiknya suply TDA nya di pisah pake trafo kecil tersebut langsung ke kaki VCC pada IC TDA nya, tinggal di copot 2 Resistor 2K2 sama 2 zener nya,hasil nya lbh bagus,

    ReplyDelete
  19. Pak.. bagaimana rangkaian set finalnya kl pakai 2set/4set.. mohon petunjuknya.

    ReplyDelete
  20. ya sama aja kaya pasang final yg lainya, kaki basis pada final PCB di paralel pake R10ohm masuk ke basis final tambahan, Colector di satuin, emitor final tambahan di kasih R kapur 0.5/5watt masuk ke jalur spkr

    ReplyDelete
  21. Set final pakai Tda2050 ada 5 kaki masih bingung mana basis,colector, emitor.. maklum msh belajaran pak.

    ReplyDelete
  22. Maaf pak.. saya cari2 info berarti tda2050 tef bootstrap memakai transistor final 2sc2922+2sa1216/ tip 3055+tip 2955 ya pak ?

    ReplyDelete
  23. Bang untuk final bs diganti tosiba 2sc5200 tidak?trimakasih

    ReplyDelete
  24. Makasih ilmunya Mbah,,, saya mau menjajal.....

    ReplyDelete
  25. Nanya mas, resistor feedbacknya yg ukuran 10k bukan ya?

    ReplyDelete
  26. Replies
    1. Ada output nya kah bang? Aku kok gak ada output ya?

      Delete
    2. maksudnya output speaker??

      Delete
    3. di cek lagi jalur & komponenya, karena layout sudah di test

      Delete
    4. saya udah ikutin sesuai rangkaian nya , ko hasil nya ada suara noise kencang kalo volume ditutup tapi pas volume dibuka tetep ada noise nya campur dengan suara musik, saya coba supply tda 2050 dipisah sama aja, saya udah coba pake 12VAC sampe 30VAC hasilnya sama aja, solusinya gmn bang??
      terima kasih sebelumnya

      Delete
    5. coba elko 100uf nya yg sebelah kiri di copot supaya gain nya berkurang mas, R820 sebelah kanan ganti 1k

      Delete
    6. saya udah coba hasil nya sama aja, malah jadi agak serak suara vocalnya, kalo buat komponen masih bagus semua , saya beli yang asli , buat komponennya udah saya test di OCL 150 watt suaranya jernih, untuk TR final nya saya coba pake toshiba a1943/c5200 trus saya ganti 2955/3055 hasil nya sama aja, kira2 apanya lagi ya?? udah seminggu lebih gak kelar2, maaf nih bang ngerepotin nanya2.
      terima kasih

      Delete
    7. ngrakit nya pake pcb bolong atau transfer layout ke PCB polos ?, ini layout saya sndiri yg trial lo mas, saya sekali bikin langsung jadi

      Delete
    8. saya pake pcb bolong , masalah nye udah ketemu bang kaki 3 dan kaki 5 ic TDA saya gak kasih elco yg 47uF,
      saya langsung pake elco yg dari supply , pas saya pasang elco di kaki 3 dan 5 langsung beres noise nya

      Delete
    9. tapi sekarang dapet masalah baru lagi R yg dari kaki 2 bekas feedback ukuran R 33k suara jadi serak tapi kalo R nya di kecilin misal 10k atau 5k6 suara normal jernih ,
      tapi gain nya jadi kurang, ada solusi bang biar gain gak kecil tanpa ganti R 33k??, terima kasih bang

      Delete
    10. R820 yg masuk ke elko di turunkan nilai nya, smakin kecil nilai nya smakin kenceng

      Delete
    11. ini ni yg bikin pusing, layout fix pun kalo ngrakit pake PCB bolong nya ngga bnr ya jadi masalah.

      Delete
    12. iya bener bang kalo pake pcb bolong emang sering bikin pusing,
      terima kasih bang

      Delete
    13. Iya bang. Boleh minta nmr WA/FB bang supaya bisa tanya 2 hasilnya punya abang.

      Delete
    14. bang nanya lagi dong, rangkaian nya saya coba TR final (3055/2955) hanya 1 set normal , tapi kalo lebih dari 1 set kenapa harus pake tahanan R 330 ohm -V dan +V dari supply ke kaki collector TR final , saya pake trafo 5A 25 CT 25 kira kira apa harus pake trafo 10A untuk lebih dari 1 set TR final bang. terima kasih bang

      Delete
  27. Kalo mau ngilangin suara bas, biar midlenya mantep tanpa control... Apanya yg hrs d ganti gan? Mau q pakek buat midlean.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 elko 100uf ganti 10uf, milar 33n naikan 47n

      Delete
  28. Mantap sekali mas ikhin, Matursuwun mas ikhin

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel