-->

5 Ch Grafik Equalizer IC BA3812


LAYOUT 5 Ch Grafik Equalizer BA3812

5 ch Equalizer BA3812

Gimana kabar nya sob ?,Mudah2an sobat semua dalam ke'adan sehat walafiat !!
Aamiin...
Setelah beberapa minggu saya berhenti beraktifitas dalam meng update blog ini di karenakan sibuk & pusing akibat dampak maraknya wabah CORONA, pagi ini tumbuh semangat lagi karena kebetulan posisi lagi nganggur banyak waktu untuk meng update artikel blog.

Karena blog saya ini basic nya sputar elektronik & Layout, maka Seperti biasanya akan saya bagikan lagi sebuah Layout 5 Ch Grafik Equalizer IC BA3812.
Kmaren sewaktu saya sedang beres beres rongsokan elektronik, kebetulan nemu 1 buah bekas kit equalizer yang sudah lama saya anggurin karena jalur PCB sudah rusak, setelah di perhatikan ternyata terdapat 2 buah IC yg seri nya BA3812L ,
Equalizer yang menggunakan IC BA3812 ini dulu sering saya temukan di amplifier jadul yang menggunakan equalizer sebagai control nada nya.

equalizer type ini dulu pernah saya pake 2x untuk merakit Amplifier, hasil suara yang di hasilkan benar2 detail & frequensi yg di kuatkan benar2 terasa.
karena saya paham kualitas IC tersebut hasil suaranya bagus, maka saya coba bikinin layout ulang supaya IC tersebut bisa di pake lagi.

Equalizer pada umum nya menggunakan potensio geser, akan tetapi karena potensio geser tersebut sekarang susah di cari & ribed pemasanganya karna harus memakai box khusus, maka Layout equalizer yang ini  saya ubah potensio nya menggunakan potensio biasa yang mudah kita beli.
Untuk suply nya menggunakan catu daya 12VDC, sudah saya sertakan regulator IC 7812 supaya halus tanpa dengung.
Untuk merubah frequensi bisa sobat otak atik nilai C milar nya.

Tampilan layout bisa sobat lihat pada gambar di atas, Ukuran PCB yang cukup kecil dengan ukuran 12x5cm dengan jarak potensio 2cm dari titik tengah.

Apabila sobat mempunyai IC BA3812 dan membutuhkan layout nya, silahkan sobat download file pdf nya di bawah ini

DOWNLOAD LAYOUT BA 3812 GRAFIK EQUALIZER

File download berformat .zip, setelah terdownload klik & extrak terlebih dahulu menggunakan apps file manager bawa'an HP sobat supaya terbuka file pdf nya, lalu print & fotocopy layout dengan ukuran kertas A4.

6 Responses to "5 Ch Grafik Equalizer IC BA3812"

  1. Gabisa download.saat di downloat masuk video..mohon bantuannya

    ReplyDelete
  2. Betul saya nemuin di tape deck jadul seico pake ic itu

    ReplyDelete
  3. Pengen nyoba tapi nyari ic-nya rada² susah....
    Kalau boleh request dibuatkan Layout equalizer dari IC La3600 dong mas....

    ReplyDelete
  4. Ic nya memang sudah mulai langka, layout yg equalizer LA3600 sudah ada, cuma belum di unggah ke blog

    ReplyDelete
  5. Kalau elco 0.01uf diganti sama milar apakah boleh mas

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel