-->

M2 Bostrap Colector

Pada postingan sebelumnya pernah saya bagikan sebuah layout driver mungil tapi hasil yang lumayan memuaskan karya skema dari Mas Purwanto, yaitu
LAYOUT DRIVER M2 BOSTRAP , layout tersebut transistor final nya menggunakan out Emitor, seperti sobat ketahui bahwa power ampli yang menggunakan penguat transistor ada 2 macam out nya, yaitu Out Emitor dan out Colector, dari ke dua out tersebut perbeda'an nya lumayan jauh dan punya kekurangan & kelebihan masing masing.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi selama bermain elektronik, antara transistor yang menggunakan out emitor & out colector hasilnya akhir nya berbeda, tapi pengamatan ini hanya sebatas saya rasakan, entah benar atau salah karna tanpa alat ukur,berikut ini perbeda'an yang saya rasakan dari hasil pengamatan saya:

  • Out Emitor
Out emitor pada transistor final paling banyak dan umum di gunakan pada rangkaian audio, pada penerapan penguat akhir amplifier , Out emitor mempunyai kelebihan panas yang stabil menyesuaikan beban,  VCC nya pun  yang masuk ke Colector mampu di suply tinggi sesuai datashet seri transistor nya, akan tetapi hasil penguatanya lebih pelan dari transistor yang menggunakan out Colector.
  • Out Emitor
Untuk penguat transistor yang menggunakan out colector , saya merasakan kebalikan nya dari out Emitor , hasil suara lebih bagus & bass lebih menghentak, akan tetapi menurut pengamatan saya, transistor final yang memakai final out Colector lebih cepat panas di banding yang out emitor, suply VCC nya yang masuk ke emitor pun tidak sekuat dengan VCC yang yang menggunakan Colector , karena alasan inilah maka nya jarang transistor final yang mengunakan out Colector

Dengan ada nya perbeda'an itulah akan saya bagikan lagi LAYOUT M2 BOSTRAP versi Out Colector sebagai pembeda dari versi sebelumnua, layout ini saya bikin berdasarkan dari skema nya Mas purwanto yang di unggah ke group Facebook.

Berikut ini gambar layout transparan dari LAYOUT M2 BOSTRAP COLECTOR


m2 bostrap colector

Suply setandar menggunakan 32VAC, pada bagian resonasi Gain bostrap yang out emitor dan versi ini yang out Coletor ada sedikit perubahan nilai milar & resistor , versi Colector yang ini sepertiny  hasil suara sedikit di bikin flat, untuk hasil nya saya sendiri belum mencobanya, tapi jika di lihat dari skemanya yg menggunakan resonasi Gain Bostrap, pastilah hasil LowSub nya memuaskan seperti driver bostrap pada umumnya.

Bagi sobat yang merasa tertarik pengin coba merakit nya 'sebelum mendownload file saya anjurkan untuk baca baca dulu dengan detail !
CARA DOWNLAOD FILE DI WEB SAFELINKU  supaya sobat tidak kesusahan dalam proses mendownload file nya, karna saya amatin banyak yang belum paham cara download file di web saflinku.

setelah sobat paham cara download nya, silahkan sobat download file pdf layout nya di bawah ini :

DOWNLOAD LAYOUT M2 BOSTRAP COLECTOR

Pilih salah satu server download yang lebih mudah, File download berformat .zip, setelah terdownload klik & extrak terlebih dahulu menggunakan apps file manager bawa'an HP sobat, lalu print & fotocopy layout dengan ukuran kertas A4.


3 Responses to "M2 Bostrap Colector"

  1. R nya berapa watt mas ikhin

    ReplyDelete
  2. mantap mas output colektor.. izin sedot.. yg output emitor udah saya coba dan hasilnya glerrrrrrr....

    ReplyDelete
  3. Ko dco tinggi bgt

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel