-->

Layout Power Class D500


LAYOUT POWER AMPLI CLASS D500

clas D500

clas D500

Pada kesempatan kali ini akan saya bagikan sebuah layout driver power Class D500, berbeda dengan driver class AB Bostrap yang biasa saya share, Class D 500 ini system kerja & daftar komponen nya banyak perbeda'anya, jika Power Class AB menggunakan Transistor sebagai penguat final nya , sedangkan Power ini menggunakan penguat MOSFET, Berikut ini akan saya uraikan beberapa perbeda'an dari Power Class D500


  • Suply DC

menggunakan 2 singgel suply NonCT.

1. Suply utama pada mosfet minimal 30VDC & maximal nya tergantung seri MOSFET N Chanel yang sobat pake, semakin tinggi datashet MOSFET yang di gunakan' smakin kuat juga suply DC nya.

2. Suply bias yang masuk ke IC 7812 menggunakan 15VDC, suply 12v ini sebenarnya pada skema bisa di gabung dengan suply utama, akan tetapi pada hasil praktek saya selama uji coba, jika suply 12v ini di gabung & tidak di hambat, IC 7812 nya akan cepat panas & ada efek auto panas pada MOSFET nya, jadi sebaiknya suply bias 12v nya di pisah.
  • MOSFET
Menggunakan 2 buah mosfet N chanel,
seri FET bisa pake seri apa saja  dari yang Amper & Volt nya paling rendah sampe FET yang paling tinggi datashet nya asalkan jenis FET N Chanel, MOSFET yang kita pakai menentukan juga watt yang bisa di hasilkan dari power class D500 ini.
  • LPF
Menggunakan Core ferit 2,5 - 3CM, lilitan kawat tembaga 1mm dengan induktansi 20-50uh, jika sobat belum punya alat ukur induksi, bisa sobat lilit kisaran 20-30lilit,  Core ferit bisa di ganti menggunakan trafo ferit bekas suply DVD atau ferit lain yang bisa menghasilkan induksi, apabila LPF ini terasa panas, sebaik nya di kasih GAP pada ferit nya supaya adem, di banyakin jumlah lilitanya sampai induktansi nya cukup.
  • IC INPUT 
Menggunakan seri TL094 atau seri 7500 , ic jenis ini biasa di gunakan pada SMPS atau Inverter.

Daftar komponen yang di pake pada driver Class D500 ini banyak terdapat pada SMPS Atau Inverter, jadi apabila sobat punya rongsokan bekas SMPS atau Inverter banyak komponen yang bisa di manfa'atkan untuk merakit driver Class D500 ini.

Adapun system kerja & watt yang di hasilkan tidak bisa saya jelaskan scara detail, karena saya sendiri belum paham & belum mempelajari Driver Class D. Power class D500 ini  saya layout berdasarkan dari skema yang beredar di google & group2 Facebook, kabarnya si 1 Set MOSFET dalam layout ini mampu menghasilkan -+500watt (Tergantung seri MOSFET yang kita pakai).

Untuk nama perancang skema nya pun saya belum tau nama nya, apabila sobat ada yang mengetahui nama perancang skema nya' saya mohon sobat memberi tau supaya bisa saya cantumkan nama nya sbagai sumber skema.

Hasil yang bisa saya simpulkan berdasarkan praktek perakitan, suara nya jernih, saya suply 35VDC menggunakan MOSFET seri 24N60 , Suara di Full kan kedua MOSFET nya adem walopun tanpa pake headsink. Penguatan yang di hasilkan menurut saya tergolong pelan, karna pada skema layout ini sepertinya tidak terdapat Gain ataupun skema resonasi seperti power class AB, menurut pendapat dari teman teman yang biasa merakit power Class D500 ini, supaya suara  yang di hasilkan lebih kencang di butuhkan ACC  seperti master mixer sbagai penguat input nya.

Berikut ini tampilan atas dari LAYOUT POWER CLASS D500

clas D500


Jika sobat tertarik ingin coba merakit nya bisa sobat download file pdf nya di bawah ini :

DOWNLOAD PDF LAYOUT CLASS D 500 (BAWAH)

DOWNLOAD PDF LAYOUT CLASS D 500 (ATAS)

File pdf pada SERVER 1 berformat .zip, extrak terlebih dahulu supaya terbuka isi file pdf di dalam nya, print & fotocopy file nya dengan ukuran kerta A4.
Jika mengalami kendala atau masalah dalam proses perakitan, silahkan sobat tanyakan di kolom komentar !!

22 Responses to "Layout Power Class D500"

  1. Bagaimana klo dsuplay aki 12v?? Apa ada komponen yg drubah?

    ReplyDelete
  2. Permisi master,untuk ukuran pcb brp x bpr master...
    Saya mau coba bikin d500 yg mas bikin...sklian minta izin untuk ngesave layout yg mas punya

    ReplyDelete
  3. Kta temen sy Tl494 max 100khz saja jdi tuk midhig gk cocok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata guru saya, telinga manusia cuma bisa mendengar sampai 22khz saja. Jadi mungkin temen anda kelelawar mas.

      Delete
    2. 🤣🤣🤣🤣🤣🤣somplak

      Delete
  4. Dioda zener yg berapa volt mas?

    ReplyDelete
  5. Zener yang dibawah itu pakai yang seri apa mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. zener 12v mas, sebenarnya itu buat alternatif kalo ngga pakai ic 7812, kalo udh pakai 7812 ya ngga usah di kasih zener

      Delete
  6. Ini pakai trafo engkel ya bukan ct

    ReplyDelete
  7. Kalo speaker dilepas power bakalan rusak gak...?
    Soalnya jaman dulu speaker dilepas tanpa beban power kelas D bakal rusak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kmungkinan bisa rusak mas, karena ini design class D jadul, kalo design yg baru si aman smua

      Delete
    2. Trimakasih infonya Mas,Rencana rakit D500 untuk speaker aktif miniatur trafo 32VAC engkel kalo sudah oke transistor bd139 140 diganti mje 340 350 diperbanyak lilitan LPF rencana test untuk trafo 110VAC bekas Step down. Semoga aman

      Delete
  8. Punyaku pake mosfet irfz44n kok kecil banget ya suaranya, hampir tak terdengar, juga agak serak, kira² apanya ya mas🙏🏻

    ReplyDelete
  9. Punyaku pake mosfet irfz44n kok kecil banget ya suaranya, hampir tak terdengar, juga aga serak, kira² apanya ya mas🙏🏻

    ReplyDelete
  10. Terimakasih layout dan skemanya,
    Sukses slalu.

    ReplyDelete
  11. Saya sudah coba buat pake tegangan 30V, mosfet cuma IRFZ44 bisa berfungsi bagus..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel