-->

Stereo Simetris Bostrap

LAYOUT STEREO SIMETRIS BOSTRAP


Kalau biasanya saya bagikan layout dalam versi mono, kali ini akan saya share sebuah layout driver power amplifier versi stereo.
Layout power stereo seperti ini sangatlah cocok Bagi penghobi audio rumahan, karena audio yang dari input sampai power nya stereo akan menghasilkan suara yang berbeda antara chanel L & Chanel R nya, contohnya jika kita punya MP3 HD yang stereo dan kita dengarkan lewat headset HP, maka hasil suara music terdengar seperti sahut sahutan antara speaker L dan speaker R nya, jika kita memutar Mp3 karaoke pun sangat jelas beda nya, yang sebelah cuma music saja & yang sebelah nya terdapat music & vocal nya , jadi jika ada orang yang bilang antara stereo & mono itu sama saja' bisa di pastikan orang tersebut belum paham tentang apa itu stereo. jika sobat merasa belum paham perbeda'an antara Audio mono & stereo, silahkan sobat baca baca pada post
APA YANG DI MAKSUD MONO & STEREO

Layout driver stereo ini saya beri nama STEREO SIMETRIS BOSTRAP atau SSB
Alur skema dasar dari driver ini saya ambil dari OCL, akan tetapi saya rubah pada bagian transistor input & transistor Vas nya  menjadi simetris, suply Emitor transistor input stage juga saya rubah menggunakan resistor & zener sbagai penyetabil tegangan emitor transistor nya, Pada bagian gain resonasi saya terapkan juga Gain Bostrap, tapi gain bostrap nya saya kurangin 1 elko & 1 Resitor nya supaya bass tidak terlalu over sub, karena dari beberapa temen yang inbox ada yang menyimpulkan kalo gain bostrap 2 elko nada Sub nya terlalu over.

Layout sudah saya terapkan juga 1 set transistor final, jadi sudah bisa langsung bunyi untuk kebutuhan power rumahan, jika mau di pake buat luar rumahan, maka 1 set transistor final tersebut bisa di pake buat TEF nya dengan cara Resistor kapur 0.5/5wat nya di ganti dengan Resistor 220/2watt, Out ke Basis Final di ambilkan dari emitor nya.

Keistimewa'an pada driver simetris adalah keseimbangan pada bias nya, karena driver simetris kelas AB mulai dari input sampai final smuanya terdiri dari transistor yang sepasang NPN & PNP , jadi apabila di rakit hasil biasnya mudah seimbang, akan tetapi HFE dari spasang transistor nya pun berpengaruh juga ke hasil biasnya, jadi sbaik nya dalam merakit amplifier di ukur juga HFE dari spasang transistor yg mau di pake, jika ke dua HFE transistor nya sama' sudah bisa di pastikan hasil bias nya pun sama.

Berikut ini gambar tampilan atas dari Layout STEREO SIMETRIS BOSTRAP 



Bagi sobat yang merasa tertarik pengin coba merakit nya 'sebelum mendownload file' saya anjurkan untuk baca baca dulu dengan detail !
CARA DOWNLAOD FILE DI WEB SAFELINKU  supaya sobat tidak kesusahan dalam proses mendownload file nya, karna saya amatin banyak yang belum paham cara download file di web safelinku.

setelah sobat paham cara download nya, silahkan sobat download file layout nya di bawah ini :

DOWNLOAD LAYOUT STEREO SIMETRIS BOSTRAP 1

Atau

DOWNLOAD LAYOUT STEREO SIMETRIS BOSTRAP 2

Pilih salah satu server download yang lebih mudah, File download berformat .zip, setelah terdownload klik & extrak terlebih dahulu menggunakan apps file manager bawa'an HP sobat, lalu print & fotocopy layout dengan ukuran 13x10cm.

0 Response to "Stereo Simetris Bostrap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel