-->

Trafo vs SMPS

Trafo vs SMPS

Di group elektronik Sering kali kita melihat postingan yang isi post nya menanyakan

"Bagus,kuat & awetan mana antara trafo kotak/donat dengan SMPS?"

Post yang menanyakan hal tersebut seakan-akan tiada henti nya di tanyakan sama semua orang yang masih bimbang memilih antara mau beli trafo kotak ataukah SMPS, karena mereka belum pernah mencoba atau memakai kedua power suply tersebut, termasuk saya sendiri juga pernah menanyakan hal tersebut sewaktu saya belum pernah pakai SMPS.

Pertanya'an tersebut rata-rata ramai yang berkomentar karena mengundang perdebatan antara penyuka trafo konvensional & penggemar SMPS, karena isi jawabanya pasti ada yang pro & kontra

Penyuka Trafo Konvensional Menjawab

Mendingan beli trafo, ada harga ada kualitas, mahal ngga masalah karena lebih awet & cocok buat Sub, kalo SMPS sering nyetrum, gampang mati & cocok nya buat mid high 

Penyuka SMPS Menjawab

Mendingan beli SMPS, ringan, efisien, tidak butuh box yang gede & harga nya pun jauh lebih murah di banding trafo kotak yang berat & mahal.

Dari ke 2 komentar tersebut bukanya memberi pencerahan buat yang bertanya tapi malah semakin  membuat pusing bagi yang bertanya & menyimak.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang masalah tersebut, pembahasan bukan berisi perbandingan untuk mencari tau mana yang lebih baik antara Trafo vs SMPS, tapi untuk menceritakan pengalaman saya pribadi setelah saya bisa belajar merakit SMPS & jadi terbiasa memakai SMPS.

Dulu sebelum saya kenal SMPS memang saya mengunggulkan trafo biasa, Karena memang trafo biasa saya rasakan awet buat geberan seakan-akan tidak pernah memikirkan yang nama nya trafo mati, akan tetapi karena ekonomi saya yang pas pasan saya tidak mampu membeli kapasitas trafo yang Amper & Volt nya lebih besar  Karena harganya yang mahal & belum lagi untuk membeli dioda & elko nya, karena alasan minim dana tersebut saya mencoba pengin beralih ke SMPS yang harga nya 2x lipat lebih murah dari Trafo biasa, kalo biasanya saya membeli trafo kotak 5A murni + Elko & dioda nya habis kisaran 450ribu, pas nyoba lihat lihat lapak jual beli pada aplikasi Online shop,ternyata ada SMPS tertera tulisan SMPS 7A dengan bandrol harga 100ribu , saya pun langsung membeli & saya langsung berpendapat Kalo SMPS memang jauh lebih murah di banding trafo kotak. 

Setelah SMPS yang saya beli sudah sampai, malam hari nya saya langsung mencoba nya untuk mensuply power ampli yang biasa saya rakit, setelah semua terpasang , saya merasakan nada bass tidak ambyar ' tetap bulat & tegangan SMPS tidak drop walaupun tegangan PLN di wilayah saya drop di bawah 200v di saat malam hari,Padahal selama saya memakai trafo biasa' saya merasakan tegangan out trafo menurun apabila Arus/tegangan PLN menurun di bawah 220v, dari itu saya mulai berpendapat kalo SMPS ternyata memang lebih efisien dari trafo biasa jadi pendapat orang lain yang katanya SMPS tidak cocok buat Sub justru menurut saya malah kebalik, karena frequensy kerja trafo kotak hanya di 50hZ sedangkan frequensy kerja SMPS  kisaran 50khZ, dalam hal ini SMPS jauh lebih cepat untuk menyalurkan atau mengisi tegangan di banding trafo biasa, maka nya SMPS tidak membutuhkan elko yang berderet banyak seperti trafo biasa, karena trafo biasa akan mudah drop di tarik beban kuat jika elko nya sedikit.

Setelah saya rasakan suara bass nya malah bulet, iseng- iseng saya sentuh bagian CT skunder SMPS karena pengin membuktikan benar atau tidak nya pendapat orang-orang yang katanya SMPS itu rawan nyetrum, Ternyata Memang ada sedikit sengatan kecil, tapi sengatan itu sebenarnya sangatlah kecil, kalo di sentuh tanpa ragu juga ngga berasa sama sekali, karena hal inilah saya mencoba mengamati bagian mana yang menjadi penyebab nya, lama saya amatin ternyata pada CT sekunder terdapat Capasitor warna biru dengan nilai 222 2kv terhubung langsung ke tegangan (-) 300v pada elko primer, saya baca-baca keterangan di google capasitor ini berfungsi untuk memfilter/menghaluskan tegangan CT supaya suara nya jernih jika untuk mensuply audio, saya mencoba mencopot capasitor tersebut efek sengatan langsung hilang total, akan tetapi nada high jadi ada sedikit cacat/kasar, maka saya memutuskan tetap memasang capasitor tersebut dengan nilai 102 2kv yang lebih kecil dari nilai asli nya supaya efek sengatan lebih rendah/hilang, Dari hal inilah saya jadi berpendapat Ternyata SMPS Tidak Nyetrum apabila capasitor copel CT sekunder ke -300v pada elko primer nilai nya di kecilkan, bahkan jika tidak berpengaruh cacat ke suara di copotpun tidak masalah, bisa jadi SMPS sobat yang lama lama berasa nyetrum semakin kuat, bisa jadi karena capasitor tersebut rusak, minta di ganti yang baru.

Setelah seminggu saya memakai SMPS, suatu hari saya sedang asyik mendengarkan lagu yang bass sub nya enak, saking enak nya volume saya puter kenceng & bass saya full kan, tidak lama kemudian pas lagu mau habis tiba tiba MCB listrik njeglek, coba saya naikan tetap njeglek terus tidak mau ngangkat, pas saya off kan power yang tadi sedang di setel' barulah MCB bisa ngangkat, dalam hati berkata Pasti SMPS nya yang rusak, dari kejadian ini saya berfikir ternyata benar kalo SMPS Mudah Rusak, mulailah power nya saya buka & mencoba berusaha untuk menyervice SMPS nya, pas coba saya cabut & saya cek bagian mosfet ternyata mosfet nya shot/rusak, pada bodi mosfet yang berukuran kecil tertulis angka 5N60 yang datashet nya hanya mampu menghasilkan Arus 5A, dioda skunder juga shot karena dioda ultrafast nya pake seri MUR460 yang hanya bisa menghendel arus 4 Amper saja, fitur lain penunjang ke amanan sprti anti koslet bahkan fuse/sekering pun tidak ada, dalam hati saya berkata' pantes aja cepet rusak, orang harga nya aja 3x lebih murah dari trafo 5Amper,  ternyata saya tertipu juga sama tulisan, katanya SMPS 7Amper ko mosfet nya saja pakainya 5A bodi kecil & dioda nya cuma 4Amper, pantas aja di geber langsung shot, ternyata power yang saya pakai butuh suply yang lebih dari 5Amper untuk menghasilkan suara yang maximal, artinya SMPS yg saya pakai kelebihan beban.

Setelah smua komponen saya cek smua, saya mengganti nilai atau seri komponen yang mati denga seri yang kemampuanya lebih tinggi , Mosfet saya ganti dengan seri 15n60, dioda & komponen lain sprti elko primer saya upgred ke yang lebih tinggi kapasitas nya' akhirnya SMPS pun normal kembali, setelah banyak perubahan pada smua komponen, saya coba buat geberan ternyata SMPS lebih meningkat performa nya & sampai sekarang buat geberan masih normal tanpa kendala, dalam hati pun berkata Ternyata SMPS Juga Awet Asalkan Bebanya Tidak Melebihi Batas Kemampuan & Komponen Yang Di Pakai Tidak Abal Abal, setelah itu saya mulai aktif menyimak group SMPS & berusaha mempelajari skema skema SMPS yg ada, Skema & jenis SMPS berbagai macam jenis & varianya, dari yang kelas teri menggunakan Transistor, singgel FET/FBT sampai yang kelas tinggi dobel FET Full Bridge yang ber fitur lengkap, varian skema SMPS tersebut juga ada yang jelek & ada yang bagus, ada yang khusus beban ringan seperti casan hp & ada yang untuk beban berat sperti mesin las & Amplifier ,SMPS juga layak nya seperti Driver power Amplifier, pengin watt gede juga bisa di tambah macam macam komponen & di sesuaikan suply nya supaya daya nya meningkat, begitu juga SMPS' kita harus bisa memilih skema & jenis SMPS mana yang hasil nya bagus, komponen mana yang bisa di tingkatkan,  merakit nya pun butuh pengetahuan karena ada rumus rumus cara merakit nya supaya hasil nya maximal, lebih bagus lagi kalo kita bisa memodif nya supaya daya nya meningkat, jadi kalo sobat baru sekali mencoba langsung mengalami SMPS nya rusak, sobat jangan langsung berpatokan & berargumen kalo SMPS cepet rusak, justru sebaik nya di pelajari & coba belajar merakit sendiri yang hasil nya jauh lebih baik.

Membandingkan Trafo biasa dengan SMPS juga rata rata bahan perbandinganya tidak seimbang, misal trafo biasa 45VAC, maka SMPS yg buat perbandingan harus yg -+60VDC, karena 45VAC dari trafo akan menjadi -+60VDC setelah di searahkan dengan dioda + elko, Amper dari SMPS & Trafo tersebut juga harus real, bukan berpatokan pada tulisan yang kebanyakan nipu, satu lagi yang paling penting adalah harus di lihat juga dari segi harga nya, misal harga trafo 5A + dioda & elko nya kisaran harga 500ribu, maka SMPS nya pun juga cari yang harga nya sama kisaran segitu, dengan harga yang sama maka SMPS akan berasa lebih menang karena mendapatkan yang berfitur lengkap seperti protek(anti koslet) bahkan bisa dapet yang Amper nya jauh lebih tinggi dari trafo biasa.

Berdasarkan pengalaman saya yang saya ceritakan di atas bisa saya simpulkan bahwa antara TRAFO vs SMPS semuanya bagus, punya kekurangan & kelebihanya masing masing.

  • KELEBIHAN TRAFO 

Bandel & awet karena terbuat dari bahan pasif tembaga & logam, resiko mati hanya apabila mengalami panas berlebih sampai lapisan tembaga meleleh & koslet

Kekuranganya adalah harga mahal, bebanya berat, butuh elko berderet supaya tegangan stabil, butuh box yang besar & kuat, jika terjadi rusak atau koslet juga perbaikanya mahal.

  • KELEBIHAN SMPS

Dengan harga murah meriah bisa mendapatkan hasil yang lebih efisien tidak mudah drop , lebih ringan tidak butuh box yang besar & banyak fitur canggih sebagai penunjang kinerja nya, apabila merakit sendiri bisa menghasil kan tegangan sesuka hati, bisa di upgred daya nya menyesuaikan komponen yang di pakai, dalam hal ini skil & pengalaman perakit sangat menentukan hasil akhirnya

Kekurangan SMPS adalah jika beban nya melebihi batas kemampuan akan mudah jebol jika tanpa ada fitur pengaman /protek, tapi semua itu bisa di hindari karena adanya fitur-fitur canggih dalam SMPS ,

kekurangan lain dalam SMPS karena terdiri dari berbagai macam komponen aktif yang kualitas nya lambat laun bisa berkurang seiring berjalanya waktu, bahkan komponen di pasaran sekarang ini kebanyakan KW, hal ini yang menjadikan kualitas SMPS menjadi rawan rusak jika menggunakan komponen yang abal abal, untuk itu di haruskan menggunakan komponen yang kualitas nya betul betul bagus/original supaya mendapatkan kualitas yang bagus juga.

Karena Antara Trafo vs SMPS  punya kelebihan & kekurangan, maka semuanya kembali ke selera & kebutuhan masing-masing untuk menentukan mana yang lebih bagus di antara keduanya, 

Melalui postingan ini saya hanya bisa memberi saran

sebaiknya jangan terlalu fanatik membanggakan trafo atau SMPS sebelum sobat memahami betul ke dua nya, Bagi sobat yang tergolong masih awam belum bisa rakit atau service SMPS, sebaiknya memilih membeli trafo biasa dulu sambil belajar memahami atau merakit SMPS, jika sedikit demi sedikit sudah mulai memahami  tentang SMPS, barulah mulai belajar merakit & menggunakan SMPS, jadi jika terjadi kerusakan' sobat bisa dengan mudah memperbaikinya & tidak merasa pusing jika mengalami SMPS jebol, hal ini akan berguna menjauhkan komen negatif tentang SMPS,  saya yakin jika sobat seorang penghobi elektronik yang kreatif ' setelah paham & bisa merakit SMPS pasti akan merasa ketagihan seperti saya, akan semakin mendalami ilmu tentang SMPS & jika minim dana untuk merakit pasti akan memilih rakit SMPS dengan biaya yang murah meriah di banding membeli trafo biasa yang harganya semakin meroket.

Demikianlah pendapat saya tentang Trafo vs SMPS, semua ini hanyalah berdasarkan pengalaman saja selama saya belajar memahami elektronik, mohon kritik & saran jika sobat ada yang merasa keberatan dengan pendapat saya !.

Sampai jumpa lagi di post selanjutnya !!

5 Responses to "Trafo vs SMPS"

  1. Saya pemula.. Jadi lebih dulu memilih dan belajar tentang trafo.
    Nezxt post mungkin ada pembelajaran mas ikhin untuk smps.
    Terimakasih infonya mas

    ReplyDelete
  2. Mas Ikhin semoga selalu sehat dan sukses selalu.
    Gini mas sy mau nanya, sy kan biasa rakit mini ampli pakai IC model AN.., LA...dll yg biasa dipakai buat compo dgn psu trafo. Kemarin sy coba PSU pakai smps ga tau bekas apa, out nya 12Volt, tapi suara speaker jadi dengung, ganti smps lain yg 12volt juga dengung.
    Mas Ikhin punya solusi gak mas biar pakai smps 12volt ( non CT ) biar tidak dengung.
    Makasih mas , maaf kepanjangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Robbal Alamin. terimakasih atas doa nya mas !.
      Untuk solusi seperti nya aga sulit jika tidak lihat scara langsung pada rakitanya mas, saya tidak bisa menganalisa atau mengira bagian mana penyebab dengung nya.

      Delete
  3. Terimakasih mas. Sangat detail sekali penjelasannya.

    Benar, kalau skil kita udah sangat matang dibidang elektronika maka salah besar kalau tidak mencoba smps.

    Tapi kalau belum mending trafo aja, sedikit bersabar sambil nabung, beli trafo kualitas murni. Daripada beli smps nanti kenapa2 bingung, lalu langsung bilang smps mudah rusak, kan lucu ya..

    Tapi kalau masih penasaran sih oke2 aja beli smps, sambil belajar dan pahami betul agar seandainya bermasalah kita bisa atasi

    ReplyDelete
  4. Saya punya compo JVC yg mengunakan trapo 5 amper apakah dan trapaonya terbakar Angus apakah bisa di ganti dengan smps mohon penjelasannya mas

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel