-->

Layout Filter BTL 2 Transistor

Pada post kali ini kembali akan saya share sebuah layout untuk mem BTL power amplifier, tentu nya sobat sudah tau kan kalo mem BTL power amplifier merupakan salah satu cara untuk menaikan 2x lipat daya dari sebuah power amplifier, 2x lipat daya tersebut di hasilkan karena kutub (-) speaker tidak lagi memakai CT/Ground, tapi sama sama memakai out dari ke dua power amplifier yang salah 1 nya sudah di balik phase nya jadi 180° menggunakan kit Filter BTL.

Kit dan Layout filter BTL sudah banyak beredar di pasaran, akan tetapi kit filter BTL di pasaran rata-rata menggunakan IC OpAmp sebagai penguat nya, untuk itu pada post kali ini saya akan bagikan sebuah layout kit filter BTL yang berbeda dengan yang ada di pasaran, apa sih beda nya ??

Perbeda'anya adalah layout kit filter BTL ini tidak memakai IC OpAmp sebagai penguat & pembalik phase nya, tapi menggunakan 2 buah tranasistor NPN seri 2n5551, layout ini saya beri nama Filter BTL 2 Transistor . Layout ini saya design dari skema nya Bpk Kartino Surodipo, beliau merupakan seorang perancang power amplifier Class D yang sudah tenar di dunia per amplifier an, kepada beliau saya ucapkan banyak banyak terimakasih, karena saya sudah banyak memakai layout layout yang di design dari skematik nya beliau.

Skema layout filter BTL 2 transistor ini sudah coba saya simulasi ulang, hasil nya penguatan seimbang antara out inverting & yang Non Inverting, phase nya pun tidak bergeser dari input nya, jadi cocok untuk mem BTL power amplifier.

Suply filter BTL ini Non CT, hanya memakai suply (+) dan (ground) saja,  transistor sebagai penguat bekerja di 12vdc, tapi karena sudah ada Resistor Sunt & zener 12v, maka besaran suply bisa di sesuaikan,mulai dari 15vdc sampai 90vdc lebih, bisa di ambilkan dari suply utama power amplifier, sobat tinggal sesuaikan saja nilai resistor 4k7 2watt yang terdapat di layout, resistor 4k7 2watt tersebut untuk tegangan -+60vdc, jadi jika sobat memakai tegangan yg lebih rendah, 4k7 tersebut tinggal di turunkan nilai nya, begitu juga sebalik nya' jika sobat memakai suply tegangan di atas 60vdc, maka Resistor 4k7 tersebut di naikan nilai nya.

Skema Filter BTL 2 Transistor ini menghasilkan Gain 2x Penguatan, apabila sobat meng inginkan penguatan  Gain 1x saja , Maka sobat cukup Mengganti Resistor 4k7 pada input di naikan jadi 18k saja.

Berikut ini tampilan dari layout Filter BTL 2 Transistor yang akan saya bagikan

Filter BTL 2 Transistor
Bagi sobat yang butuh file pdf dari Layout Filter Sub 2 Transistor ini, silahkan sobat klik icon download di bawah ini !

Demikian lah yang bisa saya jelaskan pada postingan kali ini, semoga file layout nya bisa bermanfaat bagi sobat yang membutuhkan, sampai jumpa lagi pada post selanjutnya !


0 Response to "Layout Filter BTL 2 Transistor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel