-->

Layout Suround

Pada kesempatan kali ini seperti biasa nya saya akan membagikan sebuah layout, layout kali ini wajib sobat coba terutama yang punya perangkat audio amplifier stereo,  karena dengan di terapkan nya rakitan layout ini, suara dari power amplifier sobat akan terdengar berbeda, terasa seperti kita sedang menonton film di gedung bioskop, terkesan suara nya bergema & ada yg seperti sahut sahutan, perbeda'an efek suara tersebut di namakan Suround. 

Surround sound adalah teknologi audio yang dirancang untuk menciptakan pengalaman mendengarkan suara yang lebih imersif dan realistis. Dalam sistem surround sound, audio diproduksi dari beberapa speaker yang ditempatkan di sekitar pendengar, sehingga suara terdengar seperti berasal dari berbagai arah dan jarak yang berbeda.

Sistem surround sound paling umum terdiri dari lima atau lebih speaker: tiga speaker depan (kiri, kanan, dan tengah), dua speaker belakang (kiri dan kanan), dan mungkin juga sebuah subwoofer untuk menghasilkan suara bass yang lebih dalam. Saat menonton film atau mendengarkan musik dengan sistem surround sound, kamu dapat merasakan suara yang lebih mendalam, detail dan seolah-olah berada di dalam adegan atau lingkungan yang ditampilkan.

Keunggulan dan Kelebihan SUROUND :

Ada beberapa alasan orang memilih perangkat audio dengan surround sound.  Hal ini karena keunggulan yang dimilikinya seperti:

- Lebih imersif karena suara lebih mendalam dan seolah datang dari berbagai arah.

- Kedalaman suara yang presisi dan membuat efek suara yang jauh seolah lebih dekat.

- Kualitas suara lebih jernih dan nampak nyata. Terutama untuk suara dialog yang lebih jelas.

- Memberikan efek dramatis, terutama untuk beberapa suara seperti efek ledakan dan lainnya.

- Kompatibel dengan berbagai format audio terkini dan lebih fleksibel saat ditempatkan di dalam

Setelah saya tau apa yang di sebut Suround dan tau apa kelebihan nya, saya jadi tertarik kepengin melayout suround tersebut & jadilah layout suround nya yang akan saya share pada post kali ini,

Layout Suround ini saya design berdasarkan skema dari teman Facebook saya yang bernama Mas NOPANDO, beliau meminta tolong kepada saya untuk melayoutkan skema Suround tersebut.

Layout ini wajib di terapkan pada audio amplifier yang stereo supaya terdengar efek suround nya, trimpot pada layout berfungsi untuk mendelay suara salah satu chanel supaya terdengar silih berganti antara suara chanel L & Chanel R.
Suply menggunakan trafo CT 15VAC, sudah saya sisipkan regulator ic 7812 & transistor NPN untuk menghasilkan tegangan yang baik untuk mensuply rangkain suround tersebut.

Berikut ini tampilan dari layout Suround yang saya design :

Bagi sobat yang tertarik untuk merakit nya, silahkan sobat download file pdf nya di bawah ini :

Print file pdf yang sudah sobat download menggukan ukuran kertas A4.


1 Response to "Layout Suround"

  1. Useless!! This is not working! I made it by replacing transistor c 828 with 2N 3094!

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel