-->

Cara Bikin PCB Dengan Teknik Fotocopy Di Setrika



Setelah sebelum nya kita membahas  tentang memahami dan mengenali kode warna resistor , pada kesempatan kali ini saya akan coba menerangkan Cara membuat PCB dengan teknik di setrika.

Apa yang di maksud dengan PCB ?
PCB adalah kepanjangan dari
Printed Circuit Board , sebuah papan rangkaian yang terbuat dari bahan ebonit ( Pertinax ) atau fiber glass dimana salah satu sisi permukaannya dilapisi dengan tembaga tipis. Jenis ini umumnya disebut single side karana hanya memiliki satu permukaan yang berlapiskan tembaga. Sedangkan PCB yang kedua sisinya digunakan untuk pembuatan rangkaian yang bersifat kompleks dan rumit, sehingga kedua bagian sisinya dapat difungsikan sebagai jalur – jalur pengawatan, PCB ini juga berfungsi sebagai dudukan komponen – komponen.

Pada saat rangkaian dihubungkan dengan umber tegangan, maka jalur – jalur pengawatan pada PCB ini akan berfungsi sebagai penghantar arus listrik. Jalur–jalur pengawatan tersebut akan menghubungkan satu komponen dengan komponen yang lain secara terpadu, sehingga berbentuk suatu rangkaian elektronik.


Untuk cara menyablon PCB dengan kertas HVS fotocopy an  ada 2 cara , Yaitu dengan cara di setrika & dengan cara di gosok menggunakan lotion anti nyamuk & uang logam.

pada kesempatan  kali ini saya akan membagi cara yang pertama yaitu dengan cara Disetrika.

 Sebelum kita lanjut membahas cara nya ,mari kita sediakan alat alat yang harus di sediakan !!

Alat yang disediakan :

- PCB Polos.

- Gunting atau Carter (untuk memotong PCB sesuai ukuran).

- Setrika

- Ferid Clhoride (FeCl3),

- Bor PCB kecil (untuk mengebor PCB).

- Amplas halus atau serabut alumunium pencuci perabotan (untuk menghaluskan bagian PCB sebelum di sablon dengan kertas).

- Spidol permanen



1. Pertama siapkan layout dari skema yang akan anda buat

2. Lalu print hasil layout ke atas kertas HVS biasa menggunakan fotocopy laser jet,  jika tidak ada yang laser jet bisa pake mesin print yang biasa, tapi setelah itu hasil print nya di foto copy karena tinta cair hasil printer akan susah menempel di bandingkan tinta bubuk hasil foto copy.


3. Potong kertas hasil fotocopyan sesuai ukuran.

5. Potong PCB polos seukuran layout


6. Bersihkan permukaan PCB sisi tembaga dengan amplas halus di bawah keran air. jika ingin lebih bersih anda bisa menggunakan thinner. PERHATIAN : jangan menggunakan sabun, karena dapat mempercepat proses korosi pada tembaga PCB !


8. Keringkan PCB, dan siapkan setrika listrik serta alas kain atau kertas putih sebagai alas ketika disetrika.

9. Letakkan PCB diatas alas kain atau kertas polos dengan sisi tembaga menghadap ke setrika. Lalu letakkan potongan kertas layout atas rangkaian pada atas PCB, dengan gambar menghadap sisi tembaga PCB.

10. Lapisi bagian atas potongan kertas dengan kain atau kertas putih. Agar sewaktu disetrika, gambar pada potongan kertas tidak menempel pada setrika.


11. Gosok setrika hingga merata pada seluruh permukaan PCB, khususnya bagian tepi PCB selama lebih kurang - +10 menit.

12. Setelah disetrika rendam PCB dan diamkan PCB hingga temperatur suhunya kembali normal, menggunakan air panas di atas wadah.


13. Masukkan PCB ke dalam air, rendam di dalam air - +5 menit sampai kertas hampir hancur.

14. Setelah kertas terlihat hancur, lepaskan kertas yang menempel pada PCB, bersihkan bagian kertas yang tidak bertinta  dengan cara digosok secara hati-hati atau di sikat pake bekas sikat gigi yang lembut, dan jangan ada jalur yang terputus.

15. periksa jalur fotocopyan, jika ada jalur yang tipis atau keropos bisa sobat tebelin pake spidol permanen.



16. Siapkan wadah berisi air hangat untuk Ferid Klorid yang di campur dengan air. untuk ukuran banyaknya ferid tergantung banyaknya air dan PCB yang akan dilarutkan dan cukup diperkirakan saja, semakin banyak ferid klorid maka semakin cepat proses pelarutan tembaga.



17. Setelah kertas putih di lepas dari PCB celupkan PCB ke dalam larutan Ferid Klorid. lalu goyang2kan wadah hingga merata sampai warna tembaga PCB menjadi merah muda. berarti tembaga pada PCB sudah larut.



18. Setelah itu hasilnya akan terlihat, dan PCB yang terdapat kertas HVS bekas sablon tidak akan larut karena terhalang kertas sablonan tersebut.



19. Ketika tembaga disekitar PCB terlihat sudah larut, langkah selanjutnya adalah membersihkan jalur tinta foto copyan menggunakan air dan gosok-gosok menggunakan amplas halus atau alat yang lainya.

20. Agar Lapisan PCB tidak mudah berkarat dan terlihat mengkilap oleskan menggunakan serbuk plitur atau biasa disebut gondorukem atau arpus ataupun siongka yang dilarutkan dengan thinner atau bensin apabila ingin berwarna hijau biru merah dll campurkan cat PCB dan Oleskan.



21. Setelah selesai Bor PCB dengan Bor kecil khusus PCB.

Demikian lah yang bisa saya jelaskan, sampai jumpa kembali di post selanjutnya untuk membahas cara bikin PCB yang ke dua, yaitu dengan cara menggunakan lotion anti nyamuk.

0 Response to "Cara Bikin PCB Dengan Teknik Fotocopy Di Setrika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel