-->

Layout Led VU IC LM3915


layout led vu

Hobi merakit sbuah  audio elektronik rasanya tidak ada kata puas nya, walopun driver sudah dapet yang bertenaga & ACC sudah ketemu yang cocok di telinga' smua itu belum merasa puas jika tampilan box belum terlihat rapih & menarik, baik tampilan box power atau pun box ACC nya, karena tampilan box yang menarik rata rata hanya bisa kita dapatkan pada audio elektronik pabrikan alias bilt up, sedangkan kita penghobi elektronik yang dana nya pas pasan rata2 memakai box pasaran yang model nya terkesan gitu gitu aja, bahkan ada banyak sobat yang menggunakan box kreasi sendiri yang terbuat dari kayu.
Untuk itulah pada kesempatan kali ini akan saya bagikan sebuah layout Led VU yang menggunakan IC LM3915 & 10 biji led warna warni sebagai hiasan yang membuat tampilan box ACC atau power sobat menjadi menarik.

Bagi saya pribadi Led VU saya anggep sbagai kit yang wajib terpasang pada box ACC atau Box power ampli yang saya rakit, karna kit Led Vu ini memberi keindahan warna warni lampu yang berkedip mengikuti irama musik yang sedang kita dengarkan, apa bila pada box ACC atau Ampli tidak terpasang sbuah kit Led VU, entah kenapa saya merasa cepet bosan mendengarkan atau menyalakan power yang saya punya.
Apabila sobat merasakan hal yang sama seperti  apa yang saya rasakan, berarti sobat perlu mendownload & merakit Layout Led VU yang akan saya bagikan ini.

Layout Led VU ini membutuhkan suply DC 12v, menggunakan  IC LM3915 & terdapat 10 buah led yang berkedip mengikuti irama musik, mode kedip ada 2 macam, yaitu mode Dot & Mode Bar.

Untuk memilih mode "DOT" atau mode "BAR" Sobat harus men jumper salah satu mode yang ada pada layout,2 buah jumper jangan di pasang semua, tapi jumper lah salah satu saja untuk memilih mode kedip lampu yg kita suka.

Pada bagian input terdapat 2 pin input, input tersebut juga kita pasang salah satu,  input yg 1 untuk out dari speaker power ampli, sedangkan input yang 2 nya  kita ambil dari out sumber musik.
perbeda'an ke dua input tersebut adalah:

- Jika Input 1 yang di ambil dari out speaker ampli, lampu led akan berkedip mengikuti volume dari power ampli, smakin power ampli di kencengin semakin naik kedip lampu nya, input ke 1 ini menurut saya kurang pas, karna ke sensitifan kedip lampu bergantung pada volume music , jika volume music pelan' kedip lampu nya pun akan berkurang

- Jika input 2 yang di ambil dari Out sumber music, kedip lampu tidak akan bergantung mengikuti volume power ampli, jadi walopun volume ampli di kosongkan pun lampu nya tetap akan ber kedip mengikuti irama dari sumber music nya, tingkat ke sensitifan input bisa kita atur pada trimpot 100k yang terdapat pada layout nya.

Jika sobat tertarik ingin memperindah box audio elektronik nya, silahakan download file pdf layout nya di bawah ini:

DOWNLOAD LAYOUT LED VU 

File berformat .zip, ukuran kertas print type A4,  setelah terdownload extrak terlebih dahulu menggunakan apps file manager bawa'an HP sobat
Bagi sobat yang kesusahan atau belum paham cara download di Safelinku,  silahkan sobat baca cara download nya di sini:
CARA DOWNLAOD FILE DI WEB SAFELINKU


3 Responses to "Layout Led VU IC LM3915"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Dalam Artikel

Iklan Bawah Artikel